Premier League 2019-2020Tumpul, MU Tumbang di Tangan Newcastle

07 Oct 2019 05:07 Liga Inggris

Tumpulnya lini depan Manchester United masih menjadi kendala utama Manchester United saat dijamu Newcastle United di pekan ke-8 Premier League 2019 di St. James Park, Senin 7 Oktober 2019 dini hari WIB. Meski mendominasi permainan, tim besutan Ole Gunnar Solksjaer itu akhirnya keok 0-1 di tangan tuan rumah.

Satu-satunya gol Newcastle di pertandingan ini dicetak oleh Matthew Longstaff. Ini merupakan kekalahan ketiga MU di sepanjang musim ini.

Kekalahan ini terasa sangat menyesakkan bagi Setan Merah. Pasalnya, penguasaan bola Ashley Young dkk mencapai 66 persen berbanding 34 persen milik Newcastle. Namun, meski lebih banyak menekan, serangan mereka kerap patah ketika memasuki pertahanan lawan.

Sebaliknya, meski lebih banyak tertekan, serangan balik yang dilancarkan para pemain Newcastle justru lebih sering membahayakan gawang David de Gea. Bahkan di menit pertama, Newcastle langsung memiliki peluang apik melalui Fabian Schar namun gagal dikonversi menjadi gol.

Newcastle kembali membuat pertahanan MU bekerja keras setelah Allan Saint Maximin melakukan tembakan keras. Beruntung masih bisa diblok oleh pemain belakang MU. Tak lama kemudian Allan kembali memberikan ancaman lewat tembakan dari luar kotak penalti. Sayang tembakannya masih menerpa sisi atas mistar gawang De Gea. Hingga babak pertama usai, skor tetap 0-0.

Keluar dari kamar ganti, MU kembali tak mampu meningkatkan intensitas tekanannya. Sebaliknya Newcastle yang menerapkan taktik serangan balik kerap merepotkan pemain bertahan MU. Kendati begitu, usaha Newcastle baru membuahkan hasil di menit ke-72.

Berawal dari umpan tarik Jetro Wilems, Longstaff yang muncul dari belakang melepaskan tembakan lurus menyusur tanah yang gagal dijangkau oleh De Gea. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

MU memang sempat bereaksi dengan terus menekan di sisa waktu yang ada. Beberapa kans mereka dapatkan, tetapi lemahnya penyelesaian akhir para penyerang MU membuat mereka gagal menyarangkan bola.

Hasilnya, hingga babak kedua usai, skor 1-0 untuk Newcastle tak berubah. MU pun terlempar ke posisi ke-12 dengan 9 poin. Sedangkan Newcastle masih di urutan ke-16 dengan mengantongi 8 poin.