Juru Bicara Tim Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji, Achmad Hidayat. (Foto: Dok. PDI Perjuangan)
Juru Bicara Tim Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji, Achmad Hidayat. (Foto: Dok. PDI Perjuangan)

Tim Eri-Armuji Minta KPU Sterilisasi Pengundian Nomor Paslon

Ngopibareng.id Pilkada 23 September 2020 21:05 WIB

Tim pemenangan calon WaliKota Eri Cahyadi dan wakilnya, Armuji meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, untuk mengatur pengundian nomor urut kandidat pada waktu yang berbeda. Hal ini diperlukan untuk menghindari potensi penularan Covid-19. Sesuai jadwal, KPU akan melakukan undian pasangan calon pada Kamis, 24 September 2020.

"Kami sempat mempertimbangkan untuk tidak hadir pada pengundian nomor urut calon yang akan dilaksanakan besok. Namun, setelah berdiskusi di tim internal, kami memutuskan hadir dengan dua syarat,” ujar Juru Bicara Tim Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji, Achmad Hidayat, Rabu, 23 September 2020.

Menurut Achmad Hidayat, PDI Perjuangan Kota Surabaya yang mengusung Eri-Armuji memiliki dua syarat untuk KPU, terkait dengan pelaksanaan pengundian nomor paslon. Pertama, KPU melaksanakan undian nomor urut di waktu yang berbeda.

"Silakan KPU atur kalau paslon lain mau duluan, monggo (silakan). Yang jelas, kami minta di waktu yang berbeda, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, terutama terkait upaya kita menghindari potensi penularan Covid-19,” jelasnya.

Syarat kedua, lanjut Achmad Hidayat, sterilisasi ruangan sebelum digunakan paslon saat pengundian nomor urut. "Pengaturan jeda waktu setidaknya membutuhkan sekitar tiga jam," sambung dia.

Achmad Hidayat lantas mengilustrasikan, satu paslon mengambil undian nomor urut pada pukul 10.00 WIB, maka paslon lainnya digelar pada pukul 13.00 WIB.

”Jeda waktu diperlukan untuk sterilisasi. Kami menyarankan KPU Surabaya untuk menyediakan petugas khusus guna melakukan sterilisasi dengan cairan disinfektan yang sesuai standar otoritas kesehatan,” paparnya.

Achmad Hidayat mengatakan, semua syarat itu diperlukan demi kepentingan bersama terlebih kesehatan paslon. “Kami juga harus melindungi paslon kami,” ujarnya.

Ia juga menyarankan ada pendampingain dari tim kesehatan bagi seluruh petugas KPU Surabaya dan paslon. ”Bismillah, kita semua berdoa agar seluruh warga Indonesia dan Surabaya, serta di seluruh dunia ini semuanya sehat, dan pandemi Covid-19 segera berlalu,” pungkas Achmad Hidayat.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 14:11 WIB

Barcelona Ciptakan Rekor Brutal 36-0 Melawan El Che

Liga Spanyol

Elche selalu menjadi lumbung gol Barca dalam 12 pertemuan terakhir

25 Feb 2021 13:58 WIB

Vaksinasi Bagi Wartawan Dimulai, Presiden: Bentuk Perlindungan

Nasional

Presiden tinjau pelaksanaan vaksinasi massal awak media.

25 Feb 2021 13:45 WIB

Jelang Duel Lawan Fury, Joshua Lontarkan Sesumbar Ini

Lain-lain

Anthony Joshua merasa sangat siap meladeni Tyson Fury

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...