Kualifikasi Euro 2020Menang Tipis, Prancis dan Republik Ceko Lolos ke Putaran Final

15 Nov 2019 06:53 Dunia

Prancis berhasil melaju ke putaran final Piala Eropa setelah meraih kemenangan tipis 2-1 atas Moldova dalam laga lanjutan Grup H yang berlangsung, Jumat 15 November 2019 di Stade de France.

Dua gol kemenangan Prancis di pertandingan ini dicetak oleh Raphael Varane di menit ke-35 dan Olivier Giroud melalui titik putih di menit ke-79. Sementara satu-satunya gol Moldova di laga ini dihasilkan oleh Vadim Rata di menit ke-9.

Di pertandingan ini, Prancis sempat dikejutkan oleh gol cepat Moldova. Maklum, dari catatan statistik menunjukkan betapa penguasaan bola mutlak milik Prancis dengan 77 persen berbanding 23 persen punya Moldova.

Permainan menyerang yang diusung anak buah Didier Descham justru meninggalkan celah yang mampu dimanfaatkan penyerang Moldova, Vadim Rata, untuk membobol gawang Steve Mandanda. Beruntung, Prancis akhirnya berhasil membalikkan keadaan.

Berkat kemenangan ini, Prancis pun memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dengan koleksi 22 poin, selisih 2 poin dengan Turki yang di waktu hampir bersamaan gagal mendulang poin penuh setelah ditahan 0-0 oleh Islandia.

Sementara dua tim lain yang mengecap hasil serupa ada Serbia dan Republik Ceko. Serbia berhasil menang tipis 3-2 atas Luksemburg, sementara Republik Ceko menekuk Kosovo 2-1.

Bedanya, jika Serbia masih harus bersaing dengan Portugal untuk lolos dari posisi kedua di Grup B, Republik Ceko sudah memastikan diri melenggang ke putaran final setelah membuat selisih empat poin dengan tim peringkat ketiga di klasemen sementara Grup A, Kosovo.

Serbia sendiri saat ini mengantongi 13 poin, selisih satu poin dengan Portugal yang nangkring di urutan kedua klasemen Grup B. Sedangkan Republik Ceko mengumpulkan 15 poin. Dengan hanya menyisakan satu pertandingan lagi di Grup B, Republik Ceko sudah tak mungkin terkejar.

 

Hasil Pertandingan Kualifikasi Euro 2020 Jumat 15 November 2019

Turki vs Islandia 0-0

Inggris vs Montenegro 7-0

Serbia vs Luksemburg 3-2

Prancis vs Moldova 2-1

Portugal vs Lithuania 6-0

Republik Ceko vs Kosovo 2-1

Albania vs Andorra 2-2

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini