Piala AFF U-22Indra Sjafri Tetap Bersyukur Meski Hanya Jadi Runner-up

22 Feb 2019 21:07 Timnas

Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke semifinal Piala AFF U-22 2019. Kepastian ini didapat setelah tim besutan Indra Sjafri itu meraih kemenangan 2-0 atas Kamboja U-22 di laga terakhir Grup B, Jumat 22 Februari 2019 di The National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Dua gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Marinus Wanewar di menit ke-19 dan 83’. Dengan kemenangan ini, Tim Merah Putih memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF U-22 dengan status runner-up Grup B. Di semifinal, mereka akan bertemu dengan juara Grup A, Vietnam yang sudah menunggu.

Pada pertandingan ini, Indra Sjafri mengubah komposisi tim, khususnya duet stoppernya. Jika di pertandingan lawan Malaysia Indra mempercayakan posisi ini pada Rachmat Irianto dan Andy Setyo Nugroho, di pertandingan kali ini ia memilih Nurhidayat Haji Haris dan Bagas Adi.

Pilihan Indra tak salah. Kedua pemain ini mampu mengawal pertahanan Timnas lebih baik. Hampir setiap serangan Kamboja yang tampil agresif di laga ini selalu berhasil dimentahkan. Hasilnya, para pemain Kamboja pun frustrasi.  

Kuatnya lini belakang Timnas berimbas positif pada kepercayaan diri tim Merah Putih. Hasilnya, Marinus Wanewar berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Kamboja sekaligus mengantarkan Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal.

Kendati hanya lolos sebagai runner-up, Indra tetap mensyukuri karena Indonesia berhasil lolos ke semifinal dan menunjukkan peningkatan grafik penampilan.

"Alhamdulillah kami bersyukur lolos ke semifinal," kata Indra pada sesi konferensi pers setelah pertandingan. 

"Saya susun periodisasi sebelum ke Kamboja. Bisa dilihat penampilanya anak-anak. Lawan Myanmar cukup sulit, Malaysia kita berkembang, dan lawan Kamboja tadi kami juga meningkat. Tapi masih ada yang belum maksimal," kata Indra. 

Pada laga pertama Grup B melawan Myanmar, Timnas Indonesia U-22 hanya mendulang hasil 1-1. Selanjutnya pada laga kedua, tim besutan Indra Sjafri juga hanya mendulang satu poin setelah bermain 2-2 kontra Malaysia. 

Baru pada laga ketiga Timnas Indonesia mengecap kemenangan pertama di kancah Piala AFF U-22. Indonesia memang wajib menang jika ingin mengamankan tiket semifinal.   

 

"Saya harap (penampilan Timnas Indonesia U-22) di semifinal lebih bagus lagi dan final akan jadi puncaknya," harap Indra Sjafri. 


Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini