Dua pemuda direkam oleh temannya saat tengah kencing di dekat penjual bendera. (Foto: Instagram @lambe_turah, @boswestaa)

Ditangkap Polisi, Ini Kronologi 2 Pemuda Diduga Kencingi Bendera

Human Interest 11 August 2019 15:06 WIB

Jajaran Polres Kabupaten Inhu, Provinsi Riau berhasil mengamankan 4 orang pemuda yang viral karena rekaman video diduga kencingi bendera. Ketiga pemuda berinisial MA, 24 tahun; DO, 21 tahun; dan BG, 22 tahun merupakan warga Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu. Lalu ada FA, 21 tahun diduga yang merekam aksi tak terpuji.

Dalam unggahan akun Instagram @lambe_turah, video itu berasal dari story akun @boswestaa, yang kini sudah lenyap. Cuplikan video itu terlihat seorang pemuda berkaus putih diduga sedang mengencingi bendera merah putih.

"Bendera merah putih kau kencingi, memang parah," ucap seorang remaja pria di balik kamera sambil sedikit tertawa.

"Aku adui kau ke Ma'ruf Amin," lanjutnya, menyebut nama calon Wakil Presiden terpilih 2019-2024.

Ucapan tersebut kemudian disahut dengan tawa pemuda berkaus putih, yang sebelumnya menunjukkan gestur mengeluarkan air seni di dekat bendera merah putih yang menggantung secara vertikal di sebelah pohon.

Namun dari hasil interogasi awal ditemukan video atau bukti baru. "FA merekam dari angel (sisi) yang berbeda dan hasil rekamannya berbeda. Secara kasat mata MA dan DO tidak sedang melakukan aksi penistaan seperti narasi video yang viral," jelas Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting SIK.

Kendati demikian, keempat pemuda tersebut kini terpaksa diamankan di Mapolres Inhu guna penyelidikan lebih lanjut.

Pihak kepolisian telah merangkum hasil interogasi dari keempat pemuda tersebut. Berikut ini kronologi awal terjadinya video yang tengah viral di media sosial. MA, DO, FA, dan BG berniat ngopi di salah satu kafe di Jl Jendral Sudirman, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu. Kejadiannya pada 9 Agustus 2019 pukul 21.00 WIB.

Setelah minum kopi pada pukul 23.35 WIB, ke empat pemuda tersebut keluar dari kafe menuju ke tempat parkiran yang berjarak sekitar 8 meter. Lantaran MA dan DO, merasa ingin buang air kecil, tanpa berpikir panjang mereka langsung buang air.

Lokasinya tak jauh dari bendera merah putih yang tergantung di pinggiran jalan untuk dijual (mengingat memasuki HUT RI 17 Agustus mendatang). Ada pula sebatang pohon yang terdapat tulisan berlafaz Allah.

MA buang air kecil di bawah bendera, sedangkan DO di sebelah batang pohon yang bertuliskan lafaz Allah. Namun aksi mereka justru tengah direkam oleh temannya untuk dipublikasikan di Instagram hingga viral.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...