Pengawasan thermal scanner di Bandara Juanda (Istimewa)

Bandara Juanda Ketatkan Pemeriksaan Penumpang Internasional

Jawa Timur 05 March 2020 17:35 WIB

Bandar Undara Internasional Juanda bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas l Surabaya, Lanudal Juanda, dan Kantor Imigrasi Kelas l, meningkatkan pengawasan kepada penumpang pesawat. Sikap ini dilakukan mengikuti dua warga Indonesia yang telah terinfeksi virus corona.

Co.General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Didik Suryanto mengatakan bandara sebagai pintu gerbang pergerakan orang dan barang, harus mengantisipasi masuknya serta menyebarnya virus corona.

Sedikitnya ada tiga unit thermo scanner di terminal Bandar Udara Internasional Juanda. Masing-masing terpasang di kedatangan internasional T2, keberangkatan T2, dan kedatangan T1. “(Gunanya) Untuk memindai para penumpang guna mengantisipasi penyebaran melalui bandara,” ucapnya

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya Muhammad Budi Hidayat, menjelaskan bahwa thermo scanner yang terpasang akan mendeteksi secara langsung penumpang yang bersuhu badan lebih dari 38 derajat Celcius.

“Kami telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang internasional sebanyak dua kali. Pemeriksaan pertama saat penumpang turun, personel kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang internasional satu per satu dengan alat thermo gun yang ditempelkan pada kening penumpang,” jelasnya

Sedangkan, pemeriksaan kedua di terminal kedatangan internasional untuk mendeteksi penumpang dengan suhu tidak normal atau lebih dari 38 derajat Celcius. “Apabila terdapat penumpang dengan suhu tersebut akan segera dibawa menuju ruang isolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Budi.

Selain pemasangan thermo scanner, para penumpang internasional yang tiba di Juanda juga menerima health alert card (HAC) sebagai pendataan medik guna mengantisipasi dini penyebaran Covid-19.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) M Tohir menambahkan bahwa seluruh stakeholder telah melakukan upaya antisipasi dalam penyebaran virus tersebut.

“Selain itu kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk rekan-rekan media dalam menginfomasikan kepada masyarakat terkait upaya-upaya yang telah dilakukan oleh seluruh stakehokder bandara dalam mengantisipasi penyebaran virus corona,” tandasnya.

Penulis : Ni'am Kurniawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 11:40 WIB

Sensasi Minum Jamu dengan Campuran Minuman Kekinian

Coffee & Resto

Kreasi jamu dengan campuran minuman kekinian.

25 Sep 2020 11:28 WIB

Aktor Lian Firman Sukses Tembus Jalur Independen Pilkada Cilegon

Pilkada

Aktor Lian Firman akan bersaing dengan petahana di Pilkada Cilegon.

25 Sep 2020 11:11 WIB

Kemenhub akan Beri Sanksi Tiga Maskapai Penerbangan

Ekonomi dan Bisnis

Tiga maskapai penerbangan nasional akan diberi sanksi Kemenhub.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...