Para WNI usai dievakuasi dari Wuhan, China, saat mengikuti proses karantina di Natuna, Kepulauan Riau, selama 14 hari. (Foto: Istimewa)

Bandara Juanda Tak Ada Persiapan Khusus Sambut WNI Wuhan

Surabaya 15 February 2020 15:30 WIB

Otoritas Bandara Internasional Juanda tidak melakukan persiapan khusus dalam menyambut kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) Wuhan, yang baru saja menjalani proses karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Juanda, Yusrito Ardi Hanggoro mengatakan, bahwa tidak ada proses pemeriksaan saat kedatangan karena para WNI yang datang telah dinyatakan sehat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang menangani langsung selama di Natuna.

Bahkan, para WNI Wuhan ini sudah tidak akan menjalani proses screening seperti yang dilakukan sebelumnya kepada warga yang tiba dari negara terpapar virus corona.

“Tidak ada kekhususan (screening) mereka saat landing nanti diperlakukan seperti penumpang biasa,” ungkap Yuris kepada Ngopibareng.id, Sabtu 15 Februari 2020.

Walau begitu, prosedur screening tetap diberlakukan kepada para penumpang yang datang dari Malaysia, Singapura, Hongkong dan China, sebagai bentuk kewaspadaan agar tidak ada virus yang menyebar di Indonesia. “Kalau itu tetap,” katanya.

Berdasar data, dari 238 WNI yang dipulangkan dari Wuhan 65 berasal dari Jawa Timur atau terbanyak dari daerah lainnya. Diketahui bahwa warga Jatim yang berada di Wuhan beberapa menjadi TKI dan beberapa lainnya menjalani proses pendidikan.

Setelah 14 hari menjalani proses karantina, mereka dinyatakan  sehat dan sudah boleh kembali ke rumah masing-masing. Rencananya, siang ini sekitar pukul 14.00 WIB, mereka secara bersamaan berangkat menggunakan pesawat yang disediakan oleh TNI.

Rombongan berangkat dari hangar Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna, menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Selanjutnya, mereka akan kembali ke daerah masing-masing.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 14:20 WIB

Golkar Ajukan Toni dan Gus Hans Jadi Wawali Machfud Arifin

Pilkada

Mereka direpresentasikan mewakili kaum milenial Surabaya

08 Jul 2020 14:03 WIB

Tagar MendikbudSalahUrus Ramai di Twitter, Begini Reaksi Warganet

Pendidikan

Tagar MendikbudSalahUrus sedang jadi trending topik

08 Jul 2020 13:59 WIB

Cerita Peserta UTBK Unair, Hasil Rapid Testnya Diubah Mendadak

Pendidikan

Peserta UTBK Unair bercerita jika hasil rapid tesnya diubah mendadak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...