Ilustrasi. Foto: Dok Waskita)
Ilustrasi. Foto: Dok Waskita)

Waskita Terus Perluas Bisnis ke Luar Negeri

Ngopibareng.id Waskita Untuk Bangsa 21 December 2019 09:10 WIB

PT Waskita Karya Tbk terus memperluas cakupan bisnis ke luar negeri secara bertahap selain terus fokus menggarap pasar dalam negeri yang terus tumbuh.

Direktur Operasi II PT Waskita Karya Tbk Bambang Rianto di Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019 mengatakan hingga saat ini kontribusi bisnis luar negeri masih kurang dari 10 persen dari total bisnis perseroan.

"Kontribusinya masih di bawah 10 persen tapi setiap tahun terus meningkat," katanya.

Bambang mengatakan pembangunan infrastruktur yang masih jadi prioritas pemerintah dan rencana pembangunan di ibu kota baru masih jadi pasar yang akan disasar perseroan ke depan.

"Memang masih didominasi pasar nasional karena di nasional saja kita masih banyak, mulai dari pembangunan infrastruktur masih jadi prioritas pemerintah dan pembangunan ibu kota baru. Ini perlu peran besar dari semua perusahaan baik swasta maupun BUMN," ujarnya.

Bambang menjelaskan saat ini perseroan tengah menunggu hasil keputusan pemenang proyek jalur kereta di Filipina yang akan diumumkan Januari 2020 mendatang.

Perseroan juga telah menggarap proyek perluasan kompleks Masjidil Haram di Arab Saudi. Perusahaan pelat merah itu juga tengah membahas konsep kerja sama untuk bisa menggarap proyek di Malaysia serta menyiapkan rencana ekspansi ke Afrika Selatan.

Menurut Bambang, ekspansi bisnis ke luar negeri memiliki tantangan tersendiri, mulai dari kesiapan sumber daya manusia (SDM), aturan hukum, hingga penentuan mitra strategis.

"Jadi kita melakukannya tidak langsung tapi bertahap. Bagusnya memang bertahap kalau mau ekspansi ke luar negeri supaya kita memiliki ketahanan yang cukup saat memasuki pasar luar negeri," katanya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Dec 2020 01:00 WIB

Adi Bing Slamet Tak Tahu Iyut Ditangkap karena Narkoba Lagi

Gosip Artis

Adi Bing Slamet tahu kabar penangkapan adiknya dari wartawan.

05 Dec 2020 00:47 WIB

OTT KPK, Bupati Banggai Laut Reaktif Corona

Korupsi

Bupati Banggai Laut dan dua tersangka lain reaktif corona.

05 Dec 2020 00:25 WIB

Bupati Banggai Laut Tersangka Suap, Duit Rp2 M dalam Kardus

Korupsi

KPK tetapkan Bupati Banggai Laut tersangka suap.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...