Ilustrasi wajib pakai masker selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi wajib pakai masker selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Wajib Pakai Masker Antisipasi Penularan Covid-19

Ngopibareng.id Nasional 13 October 2020 06:27 WIB

Penularan virus corona atau Covid-19 diduga salah satunya kurang displinnya masyarakat dalam memakai masker. Micro droplet (droplet) atau percikan yang keluar dari hidung dan mulut orang terinfeksi Covid-19, yang berukuran kecil disebut sejumlah peneliti bisa memicu penularan Covid-19 lewat udara.

Micro droplet ini akan bertahan lebih lama dalam kondisi tempat atau wilayah yang tertutup dengan kondisi ventilasi yang tidak terlalu baik. Oleh karena itu, sejumlah langkah agar masyarakat terhindar dari penularan Covid-19 lewat micro droplet yang melayang di udara.

Pertama, masyarakat wajib menggunakan masker. Kedua, memastikan untuk menjaga jarak aman saat melakukan kontak sosial. Jaga jarak minimal dilakukan sejauh 1,5 meter hingga 2 meter. Ketiga, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Jika, Anda tidak yakin bahwa aktivitas Anda di luar rumah sudah aman dari infeksi Covid-19, maka untuk menghindari terjadinya kluster di keluarga, Anda harus memastikan menjaga protokol kesehatan di rumah sendiri.

Di antaranya dengan menjaga jarak aman dengan anggota keluarga lainnya saat bercengkerama, memakai masker, dan pastikan tubuh beserta benda-benda yang Anda bawa dari luar rumah steril dari organisme jahat.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi wajib pakai masker sebagai bagian dari protokol kesehatan 3M selain wajib mencuci tangan serta wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan Grafis Fa VidhiNgopibarengid Ilustrasi wajib pakai masker sebagai bagian dari protokol kesehatan 3M, selain wajib mencuci tangan serta wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Oct 2020 00:29 WIB

105 Orang Tewas Akibat Banjir di Vietnam

Internasional

Lima juga orang terdampak.

20 Oct 2020 23:48 WIB

Tak Ada Lagi Zona Merah, 50 Persen Daerah di Jatim Zona Kuning

Jawa Timur

Satgas Covid-19 mencatat 50 persen daerah di Jatim berada di Zona Kuning.

20 Oct 2020 23:30 WIB

Jateng Gelar UKM Virtual Expo

Nusantara

Pameran virtual digelar di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...