Video Pasuruan Always Fresh Dianugerahi Best City Branding 2019

30 Aug 2019 22:00 Ngopibareng Pasuruan

Upaya pemerintah untuk mem-branding Kabupaten Pasuruan melalui Video "Pasuruan Always Fresh" membuahkan hasil. Video tersebut meraih penghargaan Best City Branding 2019 dari Humas Indonesia.

Penghargaan tersebut dari Humas Indonesia, sebuah platform media online (portal berita) yang menyajikan kepada pembaca tentang berbagai informasi, opini, dan insight tentang kehumasan Pemerintah di Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ceo Humas Indoneia, Asmono Wikan kepada Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika), Budi Wibowo, di Balaikota Tangerang , Jumat, 30 Agustus 2019 malam.

Video berdurasi 3 menit 51 detik tersebut menjadi yang terbaik dalam kategori Best City Branding, setelah melalui seleksi beberapa juri.

Para juri itu adalah Maria Wongsonagoro (Pakar Public Relations), Emilia Bassar (Pakar Komunikasi dan Branding), Asmono Wikan (Founder dan CEO PR Indonesia Group), John Fresley (Mantan Ketua Komisi Informasi Pusat/ Institut Pemerintahan Dalam Negeri), serta Zinnia Nizar (Vice President International Council of Design).

Dalam video tersebut, seluruh potensi pariwisata hingga pertanian maupun kearifan lokal budaya setempat ditampilkan. Seperti Wisata Penanjakan Bromo, Hamparan Bunga Krisan dan Bukit Flora di Tutur, Pemandian Alam Banyubiru di Winongan, Danau Ranu Grati, Masjid Muhammad Cheng Hoo, Kebun Raya Purwodadi, Makanan Khas Nasi Punel di Bangil, dan keunggulan lain yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, video tersebut telah mempresentasikan Kabupaten Pasuruan yang sesungguhnya. Khususnya Tagline "Pasuruan Always Fresh" yang dibuat oleh Bupati Irsyad Yusuf.

"Video yang kami buat menggambarkan kesegaran yang ada di Kabupaten Pasuruan. Segar buah dan sayurnya. Segar udara dan panorama keindahan alamnya. Sehingga Kabupaten Pasuruan selalu segar, seperti yang selalu didengungkan oleh Pak Bupati," katanya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengaku bahwa tagline "Pasuruan Always Fresh" tidak ujug-ujug langsung ada. Melainkan ada proses panjang untuk menentukan tagline yang memiliki banyak filosofi itu. Di antaranya yaitu melalui kajian dan penelitian.

"Tagline ini merupakan perwujudan dari daerah yang memiliki potensi luar biasa baik potensi alam, pertanian dan produk lokal. Dan untuk menentukan tagline ini, kami melakukan penelitian dan kajian. Barulah setelah itu disepakati tagline Pasuruan Always Fresh," katanya. 

Lebih lanjut, Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad memaparkan, kata Pasuruan yang dimaksud dalam tagline tersebut ialah Kabupaten Pasuruan dengan pesona alamnya begitu indah, yang bisa dikelola sebagai kawasan pariwisata.

"Di sini ada Bromo, Arjuna-Welirang dan Penanggungan. Serta potensi airnya juga luar biasa," katanya. 

Sementara kata "Always Fresh", kata Bupati, memiliki makna selalu segar yang juga bermakna inovasi dan kreativitas dari warga Kabupaten Pasuruan.

"Itu terwujud dengan hasil produk-produk UKM di wilayahnya yang selalu terus berinovasi agar mampu bersaing di pasaran," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)