Van de Beek Lebih Realistis Dibanding Pogba

04 May 2019 15:05 Liga Spanyol

Jika upaya Real Madrid mendaratkan Paul Pogba berujung kegagalan, Donny van de Beek tampaknya akan menjadi opsi alternatif. Gelandang Ajax Amsterdam ini dianggap cocok dengan tipikal pemain yang diinginkan Zinedine Zidane.

Jika dilihat dari capaian dan reputasi, Van de Beek memang kalah dibanding Pogba yang sudah meraih trofi Piala Dunia bersama Prancis. Namun untuk ukuran performa dan kotribusi selama semusim terakhir bagi klub masing-masing, Van de Beek lebih unggul.

Jika Paul Pogba tak mampu mengantarkan Manchester United meraih sebiji gelar di sepanjang musim 2018-2019, Van de Beek berpeluang meraih gelar liga domestik, Eredivisie Belanda dan Liga Champions.

Di Liga Belanda, Ajax saat ini masih memuncaki klasemen dengan 80 poin. Koleksi poin ini sama dengan PSV Eindhoven yang berada di urutan kedua, namun Ajax unggul selisih gol.

Van de Beek juga memainkan peran utama dalam perjalanan luar biasa Ajax ke semifinal Liga Champions 2018-2019, mencetak gol melawan Juventus dan Tottenham di babak sistem gugur.

Maka itu, wajar bila Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen juga mengincar pemain ini. Namun Real Madrid memiliki keuntungan karena mempunyai kedekatan dengan sang agen, Rob Witschge. Dia adalah orang yang membawa Wesley Sneijder ke Santiago Bernabeu dari Ajax pada 2007 lalu.

Madrid mengambil pendekatan yang lebih terukur untuk membelanjakan uangnya di musim panas ini, dengan tetap menjadikan Sergio Ramos sebagai pemain dengan penghasilan tertinggi di klub setelah jendela transfer ditutup.

Maka itu pula, banderol Van de Beek yang bernilai 60 juta euro merupakan biaya yang lebih terjangkau dibanding yang akan dikeluarkan Madrid untuk Pogba.

 

Seperti diketahui, gaji tahunan Pogba yang mencapai 17 juta euro merupakan biaya yang sangat besar jika dibandingkan dengan pencetak 16 gol dalam 53 pertandingan untuk Ajax musim ini.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini