Donald Trump meninggalkan Gedung Putih meski berstatus Presiden Amerika Serikat. Ia menumpang helikopter kepresidenan AS, Marine One, Rabu 20 Januari 2021. (Foto: Istimewa)

Trump Dobrak Tradisi, Tinggalkan Gedung Putih Berstatus Presiden

20 Jan 2021 21:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, meninggalkan Gedung Putih sebelum Presiden terpilih AS, Joe Biden, resmi dilantik. Donald Trump dengan didampingi Ibu Negara AS, Melania, keluar dari Gedung Putih tanpa memakai masker, pada Rabu 20 Januari 2021 pagi, sekitar pukul 08.15 waktu setempat, atau malam waktu Indonesia.

Keduanya berjalan beriringan masuk ke dalam Marine One yang sudah menunggu mereka di South Lawn Gedung Putih. Donald Trump dan Melania sempat menyapa wartawan dan staf yang menanti mereka di dekat South Lawn Gedung Putih. Mereka meninggalkan Gedung Putih di Washington DC untuk terakhir kalinya dengan helikopter kepresidenan AS, Marine One.

Marine One membawa Trump dan Melania ke pangkalan militer Joint Base Andrews, Maryland, di mana Trump dijadwalkan akan berpidato dan menjalani seremoni perpisahan bergaya militer.

Dari Joint Base Andrews, Trump dan Melania melanjutkan penerbangan ke Palm Beach, Florida, dengan pesawat kepresidenan AS, Air Force One. Ini akan menjadi momen terakhir Donald Trump terbang dengan pesawat kepresidenan AS. Donald Trump dan Melania tampak mesra bergandengan tangan dengan busana serba hitam.

Donald Trump mendobrak tradisi dengan terbang meninggalkan Washington DC saat masih menjabat sebagai Presiden AS. Bahkan, Donald Trump sama sekali tak mau menyebut nama Joe Biden dalam pidato perpisahannya.

"Pekan ini kami akan meresmikan pemerintahan baru dan mendoakan kesuksesannya agar bisa menjaga Amerika tetap aman dan makmur. Kami menyampaikan harapan terbaik kami, dan kami juga ingin mereka (pemerintahan baru) selalu diberkati," tuturnya.