Truk Muat Bata Ringan Terguling, Pantura Tersendat

14 Nov 2019 21:57 Jawa Timur

Truk trailer bermuatan puluhan ton bata ringan terperosok proyek jalan dan terguling di Jalan Raya Panglima Sudirman, Kota Probolinggo, Kamis sore, 14 November 2019.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalur pantai utara (Pantura) Kota Probolinggo terganggu sejak sekitar 15.00.

Praktis badan truk menutup separo lajur jalan di sisi selatan Jalan Panglima Sudirman. Ditambah lagi puluhan ton bata ringan yang tumpah ke badan jalan.

Pengguna jalan dari timur, dari arah Kraksaan menuju Kota Probolinggo hanya bisa melintasi separo lajur jalan. Hingga malam ini proses evakuasi terhadap truk dan muatannya belum dilakukan.

Puluhan warga tampak berjubel ingin menyaksikan truk yang terguling. Hal itu semakin membuat arus lalu lintas di jalur Pantura terganggu.

Apalagi di jalan masuk Kota Probolinggo dari arah timur itu sedang ada proyek peningkatan jalan. Yakni, badan jalan digali dengan alat berat.

Bahkan diduga truk terguling karena bannya terperosok galian proyek jalan. Salah seorang saksi mengatakan, truk berukuran besar itu dari arah utara berbelok ke kanan ke arah barat.

“Dugaan saya, ban truk terperosok sehingga terguling,” ujar Seger, penjual mie ayam di sekitar lokasi kecelakaan.

Sopir truk, Jumail, 53 tahun, warga Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo mengaku, tidak tahu pasti penyebab tergulingnya kendaraan yang ia jalankan. “Yang jelas truk berjalan mepet galian proyek jalan, tahu-tahu terguling,” katanya.

Jumail pun meminta wartawan tidak banyak bertanya kepadanya. “Saya masih pusing dengan kejadian ini,” tambahnya.

Yang jelas, tergulingnya truk bermuatan bata ringan itu menimbulkan kerugian lumayan besar. Hal itu diungkapkan pemilik truk Budi Haryanto, 39 tahun. “Kerugian material sekitar Rp30 juta,” katanya.

Budi menceritakan, sore itu, truknya memang dipesan untuk mengangkut bata ringan dari pabriknya, PT Amak Firdaus Utomo (AFU) di Jalan Anggrek, Kota Probolinggo. “Bata ringan satu truk besar itu akan dikirim ke Sragen, Jawa Tengah,” katanya.

Tetapi masih berkutat di Probolinggo, truk yang rencananya henda singgah di garasinya di Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo itu keburu terguling. (isa)

Penulis : Ikhsan Mahmudi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini