Tol Manado-Bitung Beroperasi Sebelum Lebaran

11 May 2019 16:17 Nusantara

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo Triono Junoasmono mengatakan bahwa sepanjang 17 kilometer ruas tol Manado-Bitung akan difungsikan sebelum dan sesudah Idul Fitri 1440 Hijriah

"Ruas tol yang akan difungsikan tersebut berada di seksi yang dibangun pemerintah dan seksi PT Jasamarga Manado Bitung," kata Triono di Manado, Sabtu, 11 Mei 2019.

Fungsional ruas tol ini, kata dia, direncanakan mulai dibuka pada 29 Mei hingga 11 Juni 2019.

Sebelum Idul Fitri, kata Triono berlaku untuk arus mudik, di mana ruas tol dibuka dari titik simpang susun Airmadidi menuju ke Danowudu.

Sebaliknya, sesudah Idul Fitri digunakan untuk arus balik, di mana ruas tol dibuka dari arah Danowudu dan keluar di simpang susun Airmadidi.

"Teknisnya masih akan kami bicarakan lagi saat pada pertemuan lanjutan dengan instansi teknis terkait," ujarnya

Dia menambahkan, untuk jenis kendaraan akan diatur, kecuali kendaraan roda dua yang dilarang melintasi di ruas tol ini.

"Saat hari raya Natal dan tahun baru, ruas jalan tol juga pernah difungsikan, hal ini dimaksudkan utnuk membantu masyarakat yang akan melaksanakan hari raya," ujarnya.

Tol Manado-Bitung adalah salah satu proyek strategis nasional yang dibangun pemerintah di Sulawesi Utara, selain Bendungan Kuwil (Kabupaten Minahasa Utara) dan Bendungan Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow).

Tol sepanjang 39,9 kilometer ini akan diresmikan Presiden pada Oktober tahun ini, setelah dikunjungi pada April lalu. (ant)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini