Tingkatkan Kualitas Pendidikan Nahdliyin, Ini Tekad Maarif NU

06 Mar 2019 22:10 Pendidikan

Kualitas pendidikan Nahdliyin harus mendapatkan perhatian yang serius. Oleh karena itu harus ada upaya pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh warga Nahdliyin itu sendiri.

"Hal ini sebagai bentuk evaluasi perjalanan bagi pengembangan mutu pendidikan di bawah naungan lembaga Maarif NU," kata Ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur, H Noor Shodiq Askandar.

Noor Shodiq menyampaikan gagasan terkait perlu adanya rumah prestasi bagi warga NU yang sedang menuntut ilmu. Keberadaan rumah prestasi ini sebagai tempat untuk menampung anak-anak warga NU yang mempunyai berbagai berprestasi dalam dunia pendidikan.

"Tidak boleh ada lagi warga NU yang punya prestasi tetapi terabaikan, tidak dikembangkan atau malah tidak diberdayakan, apalagi masih adanya warga NU yang tidak bersekolah," ujar pria yang belum lama ini meraih penghargaan Santri Award 2018 karena kiprahnya mengaktifkan kemandirian dan kewirausahaan Nahdliyin.

Rumah prestasi, kata dia, nantinya juga merupakan salah satu bentuk akselerasi atau percepatan program dalam meningkatkan kualitas pendidikan warga NU serta upaya pemberdayaannya.

Wakil Rektor 2 Bidang Admintrasi dan SDM Universitas Islam Malang (Unisma) ini lebih jauh Noor Shodiq menjelaskan, untuk membangun dan mengembangkan kegiatan tersebut diperlukan kerja sama dan sinergitas dengan lembaga-lembaga yang lain, serta mengupayakan optimalisasi potensi sumberdaya yang dimiliki warga NU itu sendiri.

Sebelumnya, H Zaenal Arifin, ketua Lembaga Maarif Kabupaten Nganjuk memberikam apresiasi kepada ide tersebut. "Kualitas pendidikan Nahdliyin dan upaya memberdayakan memang sangat diperlukan untuk mengadakan percepatan dalam menumbuhkembangkan peningkatan kualitas mutu pendidikan," kata Zaenal.

Nikmah, salah satu peserta kegiatan mengungkapkan bahwa ia merasa bangga mendapatkan pencerahan dari LP Maarif NU Jawa Timur.

"Ya harusnya seperti ini yang dilakukan oleh lembaga Maarif dengan melaksanakan berbagai kegiatan untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan, salah satunya kegiatan workshop, saya akan mendukung gagasan Kiai Noor Shodik untuk mewujudkan rumah prestasi tersebut," papar Nikmah.

Akhirnya, Noor Shodiq berpesan agar para guru tidak mudah putus asa dalam berikhtiar mencari solusi atas berbagai persoalan umat terutama masalah pendidikan. (adi)

"Gagasan terkait perlu adanya rumah prestasi bagi warga NU yang sedang menuntut ilmu. Keberadaan rumah prestasi ini sebagai tempat untuk menampung anak-anak warga NU yang mempunyai berbagai berprestasi dalam dunia pendidikan." kata Noor Shodiq Askandar.
Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini