Timnas U-23 Gagal ke Piala Asia 2020 Setelah Kalah dari Vietnam

24 Mar 2019 22:10 Timnas

Pupus sudah harapan Tim Nasional Indonesia U-23 untuk tampil di Piala Asia U-23 2020 setelah dikalahkan Timnas Vietnam U-23 0-1 pada matchday kedua kualifikasi Grup K di Stadion Nasional My Dinh, Minggu, 24 Maret 2019 malam.

Dengan hasil tersebut, anak-anak asuhan Indra Safri harus tertahan di peringkat ketiga dengan nilai 0 setara dengan Brunei Darussalam di posisi juru kunci klasemen grup K. Timnas U-23 tertinggal enam poin dari Vietnam dan Thailand di tangga kedua dan puncak klasemen.

Peluang untuk menjadi runner-up terbaik juga sudah tertutup. Sebab, pada laga terakhir melawan Brunei, Selasa, 26 Maret 2019 sore tidak akan diperhitungkan hasilnya.

Pada laga tadi Vietnam tampil ngotot sejak peluit kick off dibunyikan. Finalis Piala Asia U-23 2018 itu percaya diri mengalirkan serangan dan membuat barisan pertahanan timnas Indonesia U-23 bekerja keras.

Di menit-menit awal, Vietnam langsung melancarkan serangan ke gawang Timnas Indonesia. Pada menit ke-5, peluang pertama didapat pemain Vietnam dengan melakukan tendangan dari jarak jauh.

Bola sempat terlepas dari tangkapan Satria Tama. Beruntung, tak ada pemain Vietnam yang berdiri di depan jala gawang dari Satria Tama, sehingga peluang bola tersebut menjadi terbuang sia-sia.

Timnas Indonesia sempat mengancam lewat pergerakan dari Firza Andika pada menit ke-8. Tendangan mendatar dari Firza yang mengarah ke gawang Vietnam, nyaris membuahkan gol setelah pemain belakang Vietnam salah dalam memblok. Namun, bola hanya berjarak tipis dari jala gawang kiper Tien Dung.

Vietnam pun mencoba membalas lewat serangan bailk yang mereka lancarkan selang empat menit kemudian. Umpan dari rekannya, tepat mengarah ke kaki Quang Hai. Sayang, tembakan dari Quang Hai masih lemah sehingga masih bisa diamankan oleh Satria Tama.

Beberapa kali Vietnam menggempur pertahanan dari Indonesia. Namun, rapatnya barisan belakang dari Garuda Muda, membuat serangan dari Vietnam selalu dipatahkan oleh bek Timnas Indonesia.

Indonesia mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol dimenit ke-31 setelah mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti. Sayang, tendangan bebas yang dieksekusi Luthfi Kamal masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam, Tien Dung.

Vietnam pun bergantian menyerang ke gawang Indonesia. Dimenit ke-37, kapten Vietnam, Quang Hai, mendapat peluang untuk membuka skor melalui tendangan bebasnya. Beruntung, tembakan keras dari Quang Hai masih bisa ditepis oleh Satria Tama.

Memasuki babak kedua, Coach Indra memainkan Saddil Ramdani untuk menggantikan Witan Sulaeman pada menit ke-57 guna meningkatkan daya gedor. Namun, strategi mantan arsitek Bali United itu tak begitu terlihat.

Vietnam yang justru mampu lebih menekan dengan mengandalkan umpan-umpan silang dari sayap lapangan. Namun, Bagas Adi Nugroho mampu dengan tenang menangkal operan tersebut.

Malapetaka untuk tim Garuda Muda datang pada penghujung laga ketika The Golden Star mampu mencetak gol lewat tandukan Trieu Viet Hung memanfaatkan sepakan sudut. (wit)

Susunan Pemain
Indonesia U-23 (4-1-2-3)
Satria Tama; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Luthfi Kamal; Egy Maulana Vikri, Sani Rizky; Witan Sulaeman (Saddil Ramdani 57), Marinus Wanewar, Osvaldo Haay (Gian Zola 75)
Pelatih: Indra Sjafri

Vietnam U-23 (5-4-1)
B. Tien Dung; Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung; Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Ha Duc Chinh
Pelatih: Park Hang-seo

Reporter/Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini