Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo. (Foto: Dok/Antara)
Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo. (Foto: Dok/Antara)

Terungkap, Ini Deal Antara Jokowi-Prabowo?

Ngopibareng.id Politik 19 July 2019 09:50 WIB

Ketua DPP partai Gerindra Sodik Mudjahid mengungkapkan bahwa pertemuan antara Jokowi dan Prabowo di dalam MRT pada Minggu 7 Juli 2019 dilandasi atas kesamaan semangat rekonsiliasi.

"Atas dasar rekonsiliasi inilah maka Prabowo Subianto dengan segala resiko termasuk dikecam bahkan ditinggalkan sebagian pendukungnya berani melakukan pertemuan dengan Jokowi," kata Sodik, Jumat 19 Juli 2019.

Semangat rekonsiliasi ini bisa diwujudkan jika ada kesatuan dan persatuan yang diwujudkan saat pemilihan Ketua MPR. Komposisi terbaik ketua MPR adalah dipegang kader Gerindra.

"Dalam menetapkan Ketua MPR. Dengan semangat tersebut maka komposisi terbaik adalah Ketua MPR Gerindra, Ketua DPR PDIP, Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Komposisi Gerindra sebagai Ketua MPR dan PDI Perjuangan sebagai Ketua DPR menurut Sodik, harusnya satu paket yang bisa disepakati tanpa harus menunggu komposisi mana parpol oposisi dan mana parpol koalisi pemerintahan.

Sementara itu, di koalisi pemerintahan sendiri, kursi jabatan Ketua MPR saat ini memang sedang diperebutkan antara PKB dan Golkar.

Di berbagai kesempatan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebutkan bahwa dirinya telah berkeliling untuk meminta restu mencalonkan diri sebagai Ketua MPR.

Bahkan Cak Imin juga telah mendatangi kediaman cawapres terpilih, Ma'ruf Amin untuk meminta restu maju sebagai Ketua MPR.

Cak Imin sendiri mengaku untuk posisi Ketua MPR ini, dirinya juga masih menunggu pembicaraan internal partai koalisi khususnya menunggu kesepakatan dari pimpinan-pimpinan partai besar.

Sementara itu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimis kader partainya yang akan bisa mengisi jabatan Ketua MPR.

"Kita lihat jumlah kursi saja, pimpinan parlemen itu komposisinya kan berdasarkan jumlah kursi," kata Airlangga.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jul 2019 09:48 WIB

Mega-Prabowo dan Jokowi akan Bertemu, Ini Reaksi Partai-Partai

Politik

Demokrat berharap pertemuan ini akan bisa merukunkan kembali bangsa.

23 Jul 2019 14:58 WIB

Besok, Jokowi-Prabowo-Megawati akan Bertemu

Politik

Pertemuan ini rencannya akan digelar pada Rabu 24 Juli 2019 pukul 12.00 WIB.

16 Jul 2019 10:21 WIB

PA 212 Ancam Tinggalkan Prabowo, Ini Reaksi Gerindra

Politik

Prabowo mengucapkan terima kasih pada ulama yang telah mendukungnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...