Embung yang ada di konservasi mata air Sumber Jimput (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Embung yang ada di konservasi mata air Sumber Jimput (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)

Wisata Sumber Jimput Kediri dan Penunggu Gaib di Embungnya

Ngopibareng.id Feature 26 January 2021 11:35 WIB

Sejumlah pemuda terlihat asyik nongkrong di warung kopi lingkungan konservasi mata air Sumber Jimput. Mereka terlihat merasa nyaman berlama-lama di sana. Sebab suasana alamnya yang rindang dikelilingi banyak pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun.

Lokasi konservasi mata air ini ada di Kelurahan Rejo Mulyo, Kecamatan Kota Kediri. Warga mempercayai lokasi ini memiliki penunggu gaib. Salah satunya berwujud ular besar.

Sebelum masuk ke dalam lingkungan sumber mata air, terdapat sebuah plakat terbuat dari besi yang menceritakan asal-usul tempat ini. Pada plakat besi tersebut tertulis Sumber Jimput adalah sebuah lokasi mata air yang terletak di Kelurahan Rejo Mulyo yang disakralkan oleh warga sekitar. Di dalamnya ada dua mata air besar dan puluhan mata air kecil. Warga memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari serta sumber mengairi sawah.

Luas area wisata air Sumber Jimput sekitar 1,2 hektar. Ada beragam jenis pohon di sini, antara lain trembesi, ingas, bendo, serta jambu mente. Pemda, kelurahan serta masyarakat sangat peduli dengan kelestarian lingkungan setempat. Mereka saling bersinergi satu sama lain menjaga konservasi Sumber Jimput. Diketahui konservasi mata air Sumber Jimput telah melalui proses rehab lebih dari sekali.

Nama Sumber Jimput muncul karena zaman dulu warga setempat pernah menutup sumber angin menggunakan aren jimput. Konon Sumber Jimput merupakan sumber dari mata air dan angin. Sebab di mata air ini, sering muncul pula hembusan angin yang tiba-tiba bertiup secara misterius.

Lokasi wisata air Sumber Jimput Kota Kediri Foto Fendhy PlesmanaNgopibarengid Lokasi wisata air Sumber Jimput Kota Kediri (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Lokasi wisata air Sumber Jimput Kota Kediri Foto Fendhy PlesmanaNgopibarengid Lokasi wisata air Sumber Jimput Kota Kediri. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)

Penunggu Gaib Sumber Jimput Berwujud ular

Di balik kerindangan pepohonan serta kualitas sumber mata air yang jernih, Sumber Jimput menyimpan kisah tentang penunggu embung yang dibuat di dalam lokasi konservasi tersebut. Sesosok ular berukuran besar.

Menurut keterangan Jahroni, Kepala Kantor Kelurahan Rejo Mulyo, sekitar tahun 2018, saat proses pembuatan embung, pekerja proyek sempat mengalami kesulitan saat mengeruk tanah. Mesin alat berat berupa backhoe yang didatangkan saat itu mendadak mati. Ketika dilakukan pengecekan, sungguh aneh bahan bakar solar yang digunakan berubah wujud menjadi air.

"Waktu itu kan macet, ternyata solarnya berubah menjadi air. Bisa saja, wong namanya gaib. Akhirnya kembali dilakukan selamatan (syukuran). Saat mesin bego sudah mulai menyala, mundur ke belakang tidak ada hujan pun angin, tiba-tiba kejatuhan dahan dari atas pohon mauni," kenangnya.

Keterangan dari para pini sepuh setempat, konon di sekitaran lokasi sebelum embung dibangun terdapat ular gaib berukuran besar. Ular gaib tersebut tinggal di pohon mangga. Terkadang ular gaib ini muncul menampakan diri dalam wujud putri cantik dengan memakai baju ala kerajaan berwarna hijau.

"Ini kan sumbernya sudah lama, otomatis hal hal yang gaib masih bertempat di sini," ujarnya. Karena itu, tidak heran jika terkadang ditemui sejumlah orang dari luar yang melakukan aktivitas spriritual terutama pada malam hari.

Namun semenjak kejadian pohon tumbang yang menewaskan seorang mahasiswa yang saat itu sedang ngopi di warung beberapa waktu lalu, sekelompok orang ini kemudian menghilang tidak diketahui lagi keberadaanya.

"Ya sekarang nggak tau lagi, di mana," kata Jahroni.

Apa yang dikatakan Kepala Kantor Kelurahan Rejomulyo, dibenarkan oleh Mbah Bonadi. Menurut Mbah Bonadi, konon air yang ada di embung ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Pernah suatu kali ia menjumpai dua orang sedang mengambil air di embung menggunakan jerigen ukuran 25 liter. Saat ditanya mereka mengaku dari salah satu pesantrean.

“Katanya bisa buat kesehatan, ikut olahraga pencak, "ceritanya.

Selain itu pria berusia 56 tahun ini pernah mengalami sendiri peristiwa gaib. Saat itu suatu kali ia pernah tidur di rumah temannya yang ada di sekitaran Sumber Jimput. Ketika tertidur malam hari, tempat tidur yang ia pergunakan tiba-tiba bergetar sendiri.

"Awalnya saya kira ada gempa, terus saya lari keluar rumah. Setelah keluar saya melihat ada sosok tinggi besar berkulit gelap, kayaknya gondoruwo. Makhluk ini sedang duduk di pohon aren," kenangnya saat itu.

Meski terselip cerita mistis, tetapi selama ini tidak ada pengunjung di lokasi wisata air Sumber Jimput yang diganggu oleh makhluk astral. Pada umumnya pengunjung yang datang ke sini merasa nyaman, karena bisa melihat pemandangan berupa pepohonan besar dan sumber mata air.

Tidak hanya itu bagi pengunjung yang datang mengajak putra-putrinya bisa memanfaatkan fasilitas arena bermain di tempat ini. Kualitas kejernihan air Sumber Jimput, tidak perlu diragukan. Kejernihanya bisa terlihat dari atas. Keberadaan ribuan ikan yang ada di dalam membuat mata terasa adem. Di sini pemda juga menyediakan musala, bagi pengunjung yang akan beribadah.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 13:14 WIB

Masuk Zona Kuning, Anggota DPRD Provinsi Jatim Puji Satgas Covid

Jawa Timur

Jatim masuk zona kuning, anggota DPRD Provinsi Jatim puji kinerja Satgas.

28 Feb 2021 12:44 WIB

Gadaikan Mobil Sewaan Pasutri Diciduk Polisi

Kriminalitas

Pasutri nekat gadaikan mobil sewaan.

28 Feb 2021 12:15 WIB

5 Fakta Kasus Dugaan Korupsi Proyek Wisata Jerat Nurdin Abdullah

Nasional

Gubernur Nurdin Abdullah terjerat OTT KPK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...