Warga menunjukkan lokasi korban tenggelam. Tampak perahu nelayan sedang melakukan penyisiran (Foto : Muhammad Hujaini/Ngopibareng.id)

Usai Memancing, Nelayan Tenggelam Ditemukan Tak Bernyawa

Jawa Timur 17 February 2020 05:22 WIB

Seorang nelayan ditemukan tewas di sekitar pantai Bomo, Kecamatan Blimbingsari Banyuwangi, Minggu, 16 Februari 2020.

Identitasnya diketahui bernama Awan Aris Sanjaya, 32 tahun, warga Dusun Palurejo, Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Nelayan ini sebelumnya diketahui memancing di sekitar perairan tersebut.

Informasi di lapangan, sekitar pukul 14.30 WIB korban diketahui memancing di atas batu karang yang jaraknya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Beberapa lama kemudian pria itu terlihat berenang kembali menuju bibir pantai saat itulah pria ini tenggelam.

"Saya sempat mendengar teriakan minta tolong. Saat saya lihat, beberapa saat kemudian dia sudah tenggelam," kata Pi'i Suhadi, 45 tahun, warga setempat yang kebetulan sedang bekerja di sekitar pantai.

Karena tak bisa berenang Pi'i kemudian meminta tolong kepada warga yang lain. Saat Kembali ke lokasi kejadian, korban sudah tidak tampak di permukaan. Kejadian ini dilaporkan ke polisi.

Nelayan yang tenggelam ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa Foto istimewaNelayan yang tenggelam ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa (Foto: istimewa)

"Kami kemudian berkoordinasi dengan Satpolairud Banyuwangi dan tim SAR untuk melakukan pencarian," kata Kapolsek Rogojampi, Kompol Agung Setyo Budi.

Awalnya, pencarian dilakukan di sekitar lokasi tenggelamnya korban. Karena korban belum ditemukan, wilayah penyisiran kemudian diperluas. Hingga matahari tenggelam, pencarian belum membuahkan hasil.

Namun petugas yang dibantu warga tetap melanjutkan pencarian meskipun hari sudah gelap. Sekitar pukul 19.00 WIB upaya ini membuahkan hasil.

"Korban berhasil ditemukan tak jauh dari lokasi tenggelam dalam kondisi meninggal dunia,” ujarnya.

Selanjutnya, petugas mengevakuasi korban. Kepolisian menghadirkan tim medis dari puskesmas terdekat untuk memeriksa kondisi korban. Kemudian korban diserahkan pada pihak keluarga.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 06:32 WIB

Klasemen F1 2020 Dikuasai Tim Mercedes AMG Petronas

F1

Juara F1 GP Styria, Lewis Hamilton naik ke peringkat kedua.

13 Jul 2020 06:20 WIB

Muhammadiyah: Konversi Hewan Kurban demi Korban Terdampak Pandemi

Islam Sehari-hari

Semangat berkurban untuk menolong sesama korban

13 Jul 2020 06:10 WIB

Lucian K. Truscott

Dahlan Iskan

Penumbangan patung di AS terus berlanjut. Nasib patung proklamator?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...