Lionel Messi dkk saat seremoni usai menang 1-0 atas Brasil di laga persahabatan bertajuk Superclasico. (Foto: Twitter/@Argentina)

Tekuk Brasil, Argentina Juara Superclasico

Dunia 16 November 2019 02:40 WIB

Argentina berhasil keluar sebagai juara pada laga persahabatan bertajuk Superclasico di Stadion King Saud University, Riyadh Saudi Arabia Sabtu 15 November 2019 dini hari WIB. Menghadapi rival abadi mereka, Brasil, pasukan Lionel Scaloni menang tipis, 1-0.

Gol tunggal Argentina di pertandingan ini lahir dari eksekusi penalti Lionel Messi di menit ke-13. Dengan kemenangan ini, Argentina memperbaiki catatan pertemuan kedua tim setelah dikalahkan Brasil 0-2 di semifinal Copa America 2019 lalu.

Pada pertandingan ini, Brasil mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Permainan cepat dengan tusukan-tusukan tajam membuat pemain bertahan Argentina sempat kewalahan.

Gempuran bertubi-tubi yang dilancarkan Brasil membuahkan hasil di menit ke-9 ketika Wasit asal Selandia Baru, Matthew Conger, menunjuk titik putih setelah striker Brasil, Gabriel Jesus, ditekel gelandang Argentina, Leandro Paredes, di kotak penalti.

Sayangnya, Jesus yang maju sebagai eksekutor gagal memanfaatkan kesempatan itu setelah sepakannya melenceng tipis di sisi kiri gawang Argentina yang dijaga Esteban Andrada. Skor tetap sama kuat, 0-0.

Argentina pun tak tinggal diam, selepas kegagalan Brasil memaksimalkan peluang untuk membuka keunggulan, giliran Argentina mendapatkan hadiah penalti di menit ke-12 setelah Lionel Messi dilanggar Alex Sandro di kotak penalti Brasil.

Messi yang maju sebagai algojo nyaris gagal setelah sepakan mendatarnya sempat dihalau oleh kaki Alisson Becker, namun bola muntah mampu disambar dengan cepat oleh Messi. Argentina pun unggul 1-0.

Dalam keadaan tertinggal, Brasil mencoba bangkit. Dengan mendominasi penguasaan bola di sepanjang babak pertama, mereka terus berusaha mencari gol penyama kedudukan. Namun hingga babak pertama usai, Brasil gagal menyarangkan bola. Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, giliran Argentina mengambil alih permainan. Tak hanya mendominasi permainan, sejumlah peluang emas mereka dapatkan. Di antaranya lewat Lautaro Martinez, Leandro Paredez, Nicolas Tagliafico. Namun, lemahnya penyelesaian serta penampilan gemilang Alisson Becker membuat sederet peluang Argentina gagal berbuah gol.

Pertarungan sengit terjadi dalam 10 menit terakhir. Kedua tim saling bertukar serangan. Sayang, meski Brasil dan Argentina bergantian memberi ancaman ke gawang masing-masing, tak satu pun kans yang mereka miliki bisa bersarang. Hasilnya, hingga 90 menit laga usai, skor 1-0 untuk Argentina tak berubah.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 18:15 WIB

Awas Hand Sanitizer Palsu, Ini Tips Sebelum Membeli

Kesehatan

Pakar farmasi Unair membagikan tips membeli hand santizier agar tak tertipu

05 Apr 2020 18:04 WIB

Napi Meninggal di Rutan Medaeng, Ini Kata Kadivpas Jatim

Jawa Timur

Napi diketahui berinisal ES, 42 tahun, meninggal sekitar pukul 11.00 WIB.

05 Apr 2020 17:58 WIB

Giliran Vitamin C Langka di Surabaya

Surabaya

Stok vitamin c mulai langka.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.