CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (AFP)
CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (AFP)

Teka-teki Kemunculan Mark Zuckerberg di Penyelidikan Facebook

Ngopibareng.id Teknologi dan Inovasi 28 March 2018 13:30 WIB

Apakah Mark Zuckerberg akan pergi ke Washington? Itulah pertanyaan yang dihadapi CEO Facebook berusia 33 tahun, yang tampaknya sedang mempertimbangkan bepergian ke Capitol Hill untuk bersaksi di depan Kongres.

Dikutip Cnet dari CNN,  Zuckerberg telah memutuskan untuk menghadiri setidaknya satu sidang. Sementara itu, seseorang yang akrab dengan masalah itu dipublikasikan CBS News, baru ada istilah "kemungkinan" dia akan bersaksi.

Tidak jelas kapan kesaksian Zuckerberg akan disampaikan, tapi satu yang jelas dimana Ketua Komite Kehakiman Senat Chuck Grassley sudah mengundang Zuckerberg bersama dengan CEO Google Sundar Pichai dan CEO Twitter Jack Dorsey, ke sidang tentang privasi data yang dijadwalkan untuk 10 April mendatang.

Kabarnya, Zuckerberg baru akan mungkin menghadiri Rumah Dengar Pendapat Komite Energi dan Perdagangan pada 12 April nanti dan juru bicara komite mengatakan kepada CBS News bahwa kehadirannya belum dikonfirmasi.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan perusahaan telah menerima undangan, tetapi menolak menjawab soal kehadiran Zuckerberg. Sementara itu, juru bicara kantor Grassley dan komite Yudisial belum berkomentar.

Langkah ini menandai perubahan terbaru dalam skandal yang melibatkan Cambridge Analytica, sebuah perusahaan analisis data yang dituduh dengan tidak benar memperoleh lebih dari 50 juta profil pengguna Facebook untuk digunakan dalam kampanye politik. Sementara penyalahgunaan dilaporkan dimulai ketika pengembang aplikasi mengirim informasi secara tidak benar ke Cambridge Analytica, skandal berikutnya telah menelan Facebook dan menimbulkan kekhawatiran bahwa raksasa media sosial tidak melakukan cukup untuk melindungi data pengguna.

Skandal ini menyebabkan regulator dan pembuat undang-undang di AS dan Inggris, di mana Cambridge Analytica berbasis, mengumumkan penyelidikan. Kelompok pengawas konsumen, menyerukan Zuckerberg untuk mengundurkan diri sebagai CEO.

Sekarang dia menghadapi tuntutan untuk muncul di hadapan anggota parlemen untuk menjawab pertanyaan secara langsung.

"Langkah-langkah yang telah dibuat Facebook untuk melindungi para penggunanya baru langkah awal, tetapi Zuckerberg masih perlu datang bersaksi," kata anggota Senat Komite Kehakiman Amy Klobuchar pada minggu lalu.

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Nov 2020 13:00 WIB

Pembunuhan di Sulawesi, Warganet Cuitkan Pray For Sigi

Reportase

Warga memberikan dukungan moral dan mendorong polisi mengusut kasus.

29 Nov 2020 12:44 WIB

RS UMMI dan Kabur Trending Topic Twitter

Nasional

Kabar Rizieq Syihab kabur dar RS UMMI viral.

27 Nov 2020 19:09 WIB

Video 'Hancurkan Risma' Viral, Netizen Bela Risma di Twitter

Surabaya

Tagar #BelaBuRisma sempat trending di twitter Indonesia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...