Tawur Maroko, Amerika Resmi Tuan Rumah Piala Dunia Lagi

13 Jun 2018 19:39 Dunia
Ngopibareng.id |

Tuan rumah Piala Dunia 2026 resmi diumumkan FIFA dalam kongres di Moskow, Rusia, Rabu 13 Juni 2018. Ajang sepakbola terbesar di dunia ini akan digelar di tiga negara, Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat.

Tak seperti biasanya, kali ini FIFA menunjuk tuan rumah dengan cara melakukan pemungutan suara. Mengusung tema UNITED, ketiga negara ini mengumpulkan 134 atau 67% suara. Mengalahkan satu-satunya pesaing, yaitu Maroko dengan 65 suara atau 33%.

Presiden Sepakbola AS Carlos Codeiro, mengucapkan terima kasih atas dipercayanya kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia. Sebelumnya, Amerika pernah menjadi tuan rumah tunggal di Piala Dunia 1994.

"Terima kasih telah mempercayakan kami dengan hak istimewa ini. Kami semua bersatu dalam sepak bola, permainan yang indah melampaui batas dan budaya. Sepakbola hari ini adalah satu-satunya pemenang, " ujarnya.
Maroko sendiri sebelumnya telah mengajukan penawaran lima kali dan kembali harus gigit jari. Sebelumnya, FIFA sempat dituding melakukan keputusan kontroversial dengan menunjuk Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2018 dan 2022.

Sejak tudingan itu muncul, FIFA berjanji untuk melakukan proses pemilihan lebih terbuka dan transparan. Janji itu ditepati dengan memberikan hak suara pada 211 negara anggota FIFA, selain Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, dan Maroko sebagai calon tuan rumah.

Sebelumnya penentuan tuan rumah Piala Dunia hanya dilakukan pemelihan suara lewat 22 eksekutif FIFA atas nama seluruh badan pemerintahan. (tom)

Editor : Rahmad Utomo


Bagikan artikel ini