KPU Lamongan dan FISIP Unisda Kerja Bareng Tata Kelola Pemilu

09 Oct 2019 23:18 Pendidikan

Pemilihan Bupati (Pilbub) Lamongan sebentar lagi akan dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan dan Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan menjalin kerja sama dalam rangka Tata Kelola Pemilu. Sekaligus, untuk sosialiasi menyukseskan Pilkada Lamongan 2020.

Demikianlah yang mendasari kesepakatan kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum Lamongan sebagai unsur penyelenggara pemilu, dengan Fakultas Ilmu Politik Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, sebagai bagian dari komunitas akademik.

Formalisasi kerja sama dimaksud, diwadahi dalam sebuah MoU (Memorandum of Understanding) antara KPU Lamongan dengan FISIP Unisda yang dilakukan pada Rabu, 9 Oktober 2019.

"Ini bagian daripada langkah awal sosialisasi Pilkada 2020. Untuk persiapan. Kami jalin komunikasi dengan baik Universitas yang ada di Lamongan ini," terang Khoirul Anam, Komisioner KPU Lamongan.

Dengan adanya kerja sama itu, tentu turut membantu KPU dalam menjalankan program sebagai penyelenggara pemilu. Untuk menjaga pesta demokrasi berjalan dengan baik, lancar, dan riang gembira.

"Harapannya agar Pilbub 2020 nanti bisa berjalan lancar, damai, dan kondusif," tutur Anam.

Kerja sama di antaranya kedua belah pihak, juga untuk pengembangan akademis, sebagai wujud partisipasi masyarakat, dalam menata pemilu, khususnya mahasiswa untuk membantu dalam suksesnya Pilkada Lamongan.

Program kerjasama itu mencakup bidang pendidikan politik, pengembangan akademis, penelitian, serta pengabdian masyarakat yang merupakan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kami bisa masukkan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pemilihan umum. Yang nanti kami sinergikan dengan program-program KPU Lamongan," terang Midkholus Surur, Dekan Fisip Unisda.

Kerja sama yang baik antarkeduanya menjadi upaya yang sangat positif untuk tetap selalu menjaga peran serta masyarakat dalam mengawal proses politik. Sehingga, diharapkan akan ada kerja sama mutualistik antara KPU Lamongan dengan FISIP Unisda.

"Mahasiswa bisa mengembangkan ilmunya dengan magang di KPU. Saat pemilu, mereka bisa jadi relawan, untuk terjun ke masyarakat, turut mengawal momen-momen Pemilu. Seperti Pilkades, atau Pilbub Lamongan agar bisa berjalan lancar, damai, dan kondusif," ujarnya.

Dekan FISIP Unisda tersebut berharap, kerjasama dengan KPU Kabupaten Lamongan bisa memberi banyak pelajaran dan manfaat yang didapatkan.

"Mudah-mudahan hubungan lembaga pendidikan kampus Unisda dengan KPU Lamongan terjalin dengan baik. Dan langkah kami berikutnya tidak hanya KPU. Nanti kami bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada di Kabupaten Lamongan," pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri Rektor, Dekan, dan perwakilan dosen FISIP Unisda beserta jajaran sivitas akademika. Sedangkan dari pihak KPU Kabupaten Lamongan diwakili oleh Komisioner KPU Lamongan, Khoirul Anam.

Penulis : Nasih Farihuddin
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini