Ilustrasi. (Foto: Dok. RSMU)

Tampil Cantik Tanpa Kantong Mata dengan Blepharoplasty

RS Mata Undaan 18 August 2019 13:10 WIB
RS Mata Undaan

Kantong mata dan lipatan kelopak mata yang berlebihan tentu akan mengganggu penampilan serta fungsi utama mata. Tapi, dengan kecangihan teknologi kondisi ini dapat diperbaiki dengan operasi kelopak mata atau Blepharoplasty.

Biasanya untuk melalukan operasi Blepharoplasty kebanyan orang datang pada klinik kecantikan. Padahal, tindakan Blepharoplasty bisa dilakukan dilayanan kesehatan mata atau dokter mata seperti di Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya.

Dokter spesialis mata dari RSMU Surabaya dr Yana Rosita dengan sub spesialis ophthalmologi umum, katarak, rekonstruksi dan onkologi sudah berpegalaman melakukan operasi Blepharoplasty.

"Dalam medis Blepharoplasty memiliki dua tujuan yaitu, untuk kecantikan dan juga untuk terapi. Kalau untuk kecantikan misalnya, orang yang matanya sipit ingin memiliki lipatan kelopak mata bisa dilakukan dengan Blepharoplasty," jelas Yana Rosita.

Lebih lanjut, Yana Rosita menjelaskan, kalau untuk terapi biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia. Karena, kulitnya kendor yang mengakibatkan kelopak matanya turun sampai menganggu penglihatan.

"Kulit yang kendor tersebut di kencangkan lewat operasi Blepharoplasty, agar kelopak mata dapat berfungsi kembali dan tidak menganggu fungsi mata," kata Yana Rosita.

dr Yana Rosita SpM saat ditemui di RSMU Foto Pitangopibarengiddr. Yana Rosita, SpM saat ditemui di RSMU. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Dalam melakukan operasi Blepharoplasty, menurut Yana Rosita, dokter mata harus mengutamakan tidak terganggunya fungsi mata. Paling penting saat melakukan Blepharoplasty fungsi untuk mata tidak terganggu. 

"Kalau untuk terapikan jelas fungsinya memang untuk mengembalikan fungsi mata. Tapi,  kalau untuk kosmetik sebelum melakukan tindakan tentu akan dilakukan pemeriksaan tentang efek-efek yang bisa timbul dalam tindakan ini," ungkapnya. 

Misal, kata Yana Rosita, orang dengan bakat keloid (bekas luka menonjol dan keras). Harus disampaikan diawal bahwa ada bakat keloid yang nantinya akan terjadi bengkak. Atau kulitnya jenis  yang menyembuhannya lama. Semua kita sampaikan diawal. 

"Agar mereka dapat memikirkannya kembali, dan saat sudah dilakukan tindakan tidak ada lagi pertanyaan dan keluhan yang muncul. Istilahnya kami lakukan tindakan kalau benar-benar sudah deal," tambahnya.

Operasi Blepharoplasty, kata Yana Rosita, akan dilakukan penyesuaikan keluhan dan masalah yang terjadi di kelopak mata. Dilihat dulu mana yang bermasalah, kalau kantong mata akan dihilangkan lemak yang berada di kantong mata. 

"Kalau masalahnya kulit kendor, kulitnya saja yang diperbaiki. Kecuali,  bila ada keluhan atau gangguan yang terjadi pada keduanya akan dilakukan tindakan secara bersamaan," ujarnya. 

Bila Anda ingin menghilangkan kantong mata atau lipatan mata yang berlebihan, silahkan datang langsung untuk berkonsultasi di Rumah Sakit Mata Undaan, Jalan Undaan Kulon 17 -19, Surabaya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 13:10 WIB

Padi Reborn Meriahkan Hari Jadi P4MU 105 dan Launching CDC RSMU

RS Mata Undaan

Padi Reborn meriahkan hari Jadi P4MU 105 dan launching CDC RSMU.

25 Sep 2020 17:49 WIB

Peringati Hari Jadi, P4MU Akan Resmikan CDC RSMU

RS Mata Undaan

Satu kornea donor bisa membantu lima orang.

21 Sep 2020 14:31 WIB

Jangan Anggap Sepele Gangguan pada Kornea Mata

RS Mata Undaan

Jangan anggap remeh gangguan pada kornea mata karena bisa berakibat fatal

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...