Ilustrasi program vaksinasi Covid-19 di Tanah Air digelar perdana pada 13 Januari 2021. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi program vaksinasi Covid-19 di Tanah Air digelar perdana pada 13 Januari 2021. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Tahapan Pelaksanaan Suntik Vaksin Covid-19

Ngopibareng.id Nasional 07 January 2021 10:37 WIB

Vaksinasi virus corona (Covid-19) bakal berlangsung dalam empat tahapan dengan mempertimbangkan ketersediaan, waktu kedatangan, dan profil keamanan vaksin.

"Pentahapan dan penetapan kelompok prioritas penerima vaksin dengan memperhatikan Roadmap WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) serta kajian dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional," sebut Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No. HK.02.02/4/1/2021.

Sementara pelayanan vaksinasi virus corona bakal berlangsung di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota, atau milik masyarakat juga swasta yang memenuhi persyaratan.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi adalah:

- Puskesmas, puskesmas pembantu

- Klinik

- Rumah sakit

- Unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)

Fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi pelaksana pelayanan vaksinasi virus corona harus memenuhi persyaratan berikut:

- Memiliki tenaga kesehatan pelaksana vaksinasi Covid-19

- Memiliki sarana rantai dingin sesuai dengan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

- Memiliki izin operasional fasilitas pelayanan kesehatan atau penetapan oleh menteri kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Fasilitas pelayanan Kesehatan yang tidak dapat memenuhi persyaratan poin 2 dapat menjadi tempat pelayanan vaksinasi Covid-19 namun dikoordinasi oleh puskesmas setempat," tulis Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No. HK.02.02/4/1/2021.

Berikut ini tahapan suntik vaksin Covid-19 dalam infografis:

Ilustrasi tahapan vaksinasi Covid19 di Tanah Air Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi tahapan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jan 2021 13:54 WIB

Wedang Secang, Minuman Herbal Penambah Imun di Musim Hujan

Nguliner Yuk

Wedang secang adalah minuman herbal.

24 Jan 2021 13:39 WIB

Curhat Celine Evangelista, Pisah Rumah dari Stefan William

Gosip Artis

“Sering berantem tapi baru ketahuan sekarang,” kata Celine Evangelista.

24 Jan 2021 13:28 WIB

Terima Vaksin Tambahan 248.600 Dosis, Ganjar Bagikan 12 DaerahDa

Nusantara

Jawa Tengah kembali menerima vaksin tambahan sebesar 248.600 dosis.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...