Tagihan Listrik Fenita Arie Rp 18 Juta, PLN Salah Hitung?

08 Jun 2018 17:02

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Fenita Arie terkejut karena tagihan listriknya bulan ini membengkak jadi Rp 18 juta. Lonjakan tagihan tersebut mencapai enam kali lipat menjadi Rp 18 juta, dibandingkan tagihan di bulan biasanya sebesar Rp 3 juta.

Lewat akun Instagramnya, @fenitarie, kisah tersebut dibagikan wanita 31 tahun tersebut, Kamis (7/6/2018). Dengan nada santai, Fenita menunggu itikad baik dari PLN untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin.

Beruntung, PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) langsung merespon keluhan tersebut. Mereka

Manajer Komunikasi, Hukum, dan AdministrasiPLN Disjaya Aries Dwiyanto mengakui terjadi kesalahan perhitungan tagihan listrik, ‎sehingga nominalnya tidak sesuai dengan penggunaan.

PLN Disjaya telah menindaklanjuti keluhan pelanggan dengan mendatangi kediamannya dan mencek penggunaan listrik‎.

“Kemarin sudah ditemui, dikomunikasikan. Kasus ini dicek kembali karena tidak selamanya kesalahan pelanggan,” kata Aries, Jumat (8/6).

Dari pengecekan yang sudah dilakukan PLN tidak ditemukan peningkatan penggunan listrik sehingga membuat tagihan melonjak.‎

Menurut Aries, tagihan listrik yang tidak sesuai pemakaian tersebut merupakan akibat dari kesalahan pencatatan pada meteran. Kasus ini baru terjadi pertama kali.

‎”Waktu meter diangkat ada nomor stand akhirnya berapa. Terus pelanggan sudah ditemui  penggunaanya normal tidak sebesar itu. Pencatatan perhitungannya yang salah,” papar Aries.

Ia‎ mengungkapkan, kesalahan perhitungan kemungkinan terjadi setelah meteran listrik diremajakan. Sebelum dipasang di rumah pelanggan meteran baru tersebut sudah dikalibrasi terlebih dahulu, kemungkinan dalam perjalanan mengalami guncangan atau benturan sehingga akurasi perhitunan berubah.

Saat ini masalah tersebut telah diselesaikan, PLN akan menggembalikan kelebihan tagihan yang disesuaikan dengan penggunaan normal.

“Untuk pengembalian kelebihan tagihan akan dilakukan dengan memotong tagihan listrik pada bulan berikutnya atau mengembalikan dengan uang tunai. Itu sudah clear sudah disampaikan ke pelanggan nanti tagihan akan dikembalikan,” terang Aries.