Syukuran Pelantikan Jokowi, Puluhan Warga Rebutan Tumpeng Sayur

20 Oct 2019 19:04 Politik

Puluhan warga Kota Surabaya memadati area tasyakuran bertajuk Grebeg Suroboyo Jogo Nusontoro. Hal itu dilaksanakan usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. Acara tersebut digelar di Gedung DPRD Surabaya, Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Minggu 20 Oktober 2019.

Dalam tasyakuran ini, digelar dengan cara unik. Para pengunjung berkesempatan berebut sayuran dan buah yang disusun menyerupai tumpeng dengan tinggi sekitar 7 meter. Dalam tumpeng itu terdapat sayuran seperti sawi, terong, kemudian buah apel,  buah jambu mente, tomat, kacang panjang.

Selain itu, dalam acara itu juga dinyanyikan lagu nasional, serta doa bersama dari berbagai agama. Acara tampak begitu khusyuk ketika pembacaan doa yang mengharap keselamatan dan keutuhan bangsa di masa depan.

Ketua Panitia penyelenggara, Ermawan Wibisono mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh relawan yang berjuang memenangkan dan menyukseskan pelantikan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Meski telah berhasil memenangkan pasangan nomor urut 01 itu, Ermawan menastikan dirinya bersama tim tetap akan menjaga kondusivitas bangsa dan mengawal pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Kami juga siap menjaga persatuan bangsa. Menghadang dari ideologi berbahaya yang memecah belah bangsa," katanya dalam sambutan.

Sementara itu, salah satu koordinator, Kusnan, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dari teman-teman relawan pasca ditetapkannya Jokowi-KH Ma'ruf Amin untuk memimpin Indonesia periode 2019-2024.

Terkait tumpeng, ia menjelaskan, tumpeng sayur dan buah dipilih sebagai gambaran begitu suburnya tanah Indonesia. Sedangkan tinggi 7 meter dipilih menggambarkan 7 kepresidenan.

"Indonesia ternyata subur, makmur, gemah ripah lohjinawi dengan hasil tanaman hasil perkebunan yang hasilnya melimpah. Ini yang kami tampilkan di tumpeng ini," jelasnya.

Di sisi lain, Yudha salah satu pemuda asal Lidah Kulon mengaku sengaja datang karena ingin mendapat tumpeng nasi kuning. Infonya ia dengar dari media sosial. Tampak ia membawa dua kresek penuh dengan sayuran.

"Katanya tumpeng nasi kuning, ternyata sayuran gini. Tapi ya seneng bisa dapat," ungkapnya. 

Penulis : Fariz Yarbo
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini