Sebuah surat tentang pengumuman penetapan nomor induk pegawai (NIP). (Foto: Twitter @bkngoid)
Sebuah surat tentang pengumuman penetapan nomor induk pegawai (NIP). (Foto: Twitter @bkngoid)

Surat Penetapan NIP CPNS Hoaks!

Ngopibareng.id Nasional 10 December 2019 19:16 WIB

Apakah anda termasuk pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS)? Anda wajib berhati-hati. Mendekati pengumuman CPNS kemungkinan marak terjadinya penipuan pengangkatan CPNS.

Akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), @bkngoid mengunggah sebuah surat tentang pengumuman penetapan nomor induk pegawai, pada Selasa 10 Desember 2019.

Namun, surat tersebut langsung dibantah keasliannya oleh BKN sendiri dengan menuliskan kalimat "BUKAN PRODUK BKN". Pasalnya, surat pengumuman penetapan nomor induk tersebut mengatasnamakan BKN.

Dalam unggahannya, BKN menuliskan "#ASNKiniBeda @BKNgoid #SobatBKN. Di pagi yg indah ini, mimin dpt kabar menghebohkan. Masih ada yg mengira surat seperti ini asli. Sedih. Mimin pesan, Percaya lah dengan kemampuan kalian, bukan yg mengaku orang dalam, bisa bantu dan lain2 #TheNewEpicBattle #BKNSemangatUntukNegeri #ReformasiBirokrasiBKN".

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono menjelaskan bahwa surat tersebut hoaks alias abal-abal. "Ini kan penipuan mengatasnamakan BKN," tegas Paryono.

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati dan mengklarifikasi dahulu kepada BKN apabila mendapat surat seperti yang nampak tersebut.

Masyarakat juga diharapkan hanya mengacu pada kanal informasi resmi milik pemerintah, dalam mencari referensi tentang info-info kepegawaian.

Tak hanya itu, Paryono juga meminta masyarakat berhati-hati terhadap oknum terkait dengan penerimaan CPNS.

"Penerimaan CPNS prosesnya jelas, ada mekanismenya. Jadi kalau tiba-tiba ada SK atau panggilan pembagian SK dengan imbalan uang, jangan percaya," jelas dia.

Paryono membantah jika ada orang dalam yang dapat meloloskan peserta CPNS 2019.

"Jangan percaya orang dalam atau BKN misalnya, yang menentukan Anda diterima atau tidak adalah Anda sendiri melalui tes," tegasnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 10:56 WIB

Korupsi Eks Menteri KKP, Keluarga Prabowo Bantah Ekspor Benur

Nasional

Hashim Djojohadikusumo mengakui budidaya lobster, bukan ekspor benur.

28 Nov 2020 10:38 WIB

36 Hotel dan Gedung di Jakarta Izin Gelar Resepsi Nikah

Rek, Ojok Angel Tuturane

Protokol kesehatan 3M tetap dijaga dengan ketat.

28 Nov 2020 10:24 WIB

Pakai Masker Cegah Penyebaran Covid-19

Nasional

Masker cegah penyebaran Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...