Ketua MUI KH Ma'ruf Amin . (Foto: Dokumentasi)
Ketua MUI KH Ma'ruf Amin . (Foto: Dokumentasi)

Ssst...Diam-diam Ma'ruf Amin Kandidat Cawapres Jokowi. Benarkah?

Ngopibareng.id Politik 10 July 2018 13:23 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin merupakan salah satu dari sepuluh nama yang sudah dikantongi Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presiden.

"Kiai Ma'ruf Amin malah menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh 'interest group'," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy ketika ditanya tentang 10 nama bakal cawapres Jokowi di Jakarta, Selasa.

Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, menilai Ma'ruf Amin sebagai tokoh yang lengkap dan dipastikan akan diterima oleh semua kalangan.

"Beliau (Maruf Amin, red) pemimpin tertinggi NU karena (menjabat sebagai) rais aam, (diterima) ormas-ormas Islam karena ketua umum MUI, dan penyambung lidah ke grup 212," katanya.

Selain itu, Ma'ruf Amin juga menguasai ekonomi karena guru besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah UIN Maulana Malik Ibrahim itu juga merupakan Dewan Ekonomi Syariah Nasional.

"Pengalaman beliau luas karena pernah menjadi anggota DPR baik dari PPP maupun PKB," kata Rommy.

Sebelumnya Rommy mengungkapkan bahwa sepuluh kandidat cawapres sudah dikantongi Jokowi. Namun, Rommy enggan menyebutkan nama-namanya, termasuk apakah ada dirinya di antara sepuluh nama itu.

Ihwal siapa cawapres yang bakal mendampingi Joko Widodo ini, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri juga telah memberikan keterangan. Megawati memberikan keterangan usai pertemuan dengan Joko Widodo di Istana Batu Tulis, Minggu 8 April lalu. Kata Megawati, Jokowi sebenarnya sudah mengantongi nama, siapa sebenarnya yang bakal mendampingi sebagai calon wakil presiden.

“Nama sudah mengerucut dan sudah dikantongi Pak Jokowi. Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar”, ujar Megawati. (ant)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2021 18:34 WIB

Tinjau Vaksinasi, Wapres: Ini Bisa Jadi Motivasi bagi Masyarakat

Nasional

Vaksinasi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) kini giliran para atlet.

05 Feb 2021 17:25 WIB

Wapres Apresiasi Buku “Allah dan Alam Semesta“ Milik Said Aqil

Nasional

Buku berjudul “Allah dan Alam Semesta Perspektif Tasawuf Falsafi”.

02 Feb 2021 18:10 WIB

Wapres: Masyarakat Patuhi 3M, PPKM, dan Vaksin agar Bebas Covid

Nasional

Wapres tegas mengingatkan patuhi protokol 3M, PPKM, dan ikut vaksin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...