Gagal SNMPTN Bisa Ikut SBMPTN dan Ujian Mandiri

23 Mar 2019 10:28 Nasional

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan, peserta yang gagal lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 masih punya kesempatan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM).

"Masih ada dua kesempatan lagi yaitu SBMPTN dan Ujian Mandiri, inilah yang kami dorong," ujar M Nasir pada konferensi pers Hasil SNMPTN 2019 di Jakarta, pada Jumat 22 Maret 2019.

Jika tidak diterima di SBMPTN dan Ujian Mandiri, Menristekdikti mengatakan masih banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang cukup baik.

"Jika tidak diterima dua-duanya masih banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang cukup baik. Jangan khawatir silakan daftar di perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar, yang ada di dalam pangkalan data pendidikan tinggi," ujarnya.

Menristekdikti juga mengingatkan agar siswa yang lulus SNMPTN untuk segera mendaftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing.

Seperti yang telah diberitakan, pengumuman SNMPTN 2019 dimajukan pada Jumat 22 Maret 2019 pukul 13.00 WIB. Semula hasil pengumuman SNMPTN 2019 dijadwalkan pada pukul 16.00 WIB, maju dari jadwal semula pada hari Sabtu.

Dari 478.608 siswa yang mendaftar, hanya 92.331 siswa yang dinyatakan lulus. Nantinya mereka tersebar di 85 PTN di seluruh Indonesia. (asm)

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini