Seniman Teater Muhamad Sunjaya atau akrab disapa Kang Yoyon. (Foto: Dok. Pribadi)

Seniman Teater Muhamad Sunjaya atau Kang Yoyon Wafat

Tokoh 14 February 2020 13:15 WIB

Dunia seni teater Indonesia berduka. Muhamad Sunjaya atau akrab disapa Kang Yoyon, mengembuskan napas terakhir di rumahnya yang terletak di Jl Terusan Sukamulya No 1 Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung, Kamis 13 Februari 2020, pukul 15.20 WIB.

Jenazah seniman 82 tahun ini dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnaraga di Jalan Pajajaran, Cicendo, Kota Bandung, Jumat 14 Februari 2020.

Uwal, salah seorang perawat Sunjaya, mengatakan, almarhum selama ini berjuang menghadapi penyakit komplikasi paru-paru yang dideritanya sejak tiga tahun yang lalu.

Kondisinya semakin parah, hingga dalam dua bulan terakhir, sang seniman tak bisa berjalan sendiri, sehingga harus dipapah.

Para perawat dari RS Santosa, Bandung, bergantian merawat Kang Yoyon di siang hari, sementara saat malam, Uwal dan keluarganya yang gantian merawat.

Kang Yoyon selama ini dikenal sebagai aktor yang berjasa membesarkan dunia seni teater di Indonesia. Saking cintanya kepada seni, ia bersedia tinggal melajang dan menjadikan teater sebagai pendampingnya.

Selain berkecimpung dalam Studiklub Teater Bandung (STB), Kang Yoyon juga dikenal sebagai jurnalis radio yang kritis. Pria kelahiran 28 Agustus 1937 ini membuat satire cerdas di udara untuk mengkritik kebijakan pemerintah era Orde Baru.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Apr 2020 11:56 WIB

Jarak 1 Meter, Ternyata Tak Aman Cegah Penularan Virus Corona

Teknologi dan Inovasi

Versi penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan MIT Amerika.

04 Apr 2020 11:05 WIB

Penyanyi Bill Withers Meninggal, Tapi Bukan Karena Corona

Tokoh

Penyanyi Bill Withers meninggal dalam usia 81 tahun, kemarin.

04 Apr 2020 10:27 WIB

Penyiar CNN Ini Positif Corona

Internasional

Brooke Baldwin adalah penyiar CNN kedua yang dinyatakan positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.