Para siswa Sekolah Indonesia Makkah saat wisuda online. (Foto: kemlu)

Sekolah Indonesia Makkah Adakan Wisuda Online di Masa Pandemi

Pendidikan 16 June 2020 07:49 WIB

Pandemi Covid-19 telah mengubah secara fundamental bagaimana manusia hidup di dunia. Pembatasan sosial dan protokol kesehatan mencegah masyarakat berkumpul dalam jumlah banyak untuk kegiatan tertentu.

Hal ini juga dialami para siswa di Arab Saudi yang lulus dari jenjang SMA. Para siswa SMA Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) melaksanakan wisuda secara daring pada hari Minggu 14 Juni 2020.

“Para lulusan tahun ini merupakan Generasi TANGGUH yang merupakan akronim dari Tanggung jawab, Unggul dan Handal. Sebab, di tengah segala keterbatasan akibat pandemi COVID-19, para guru dan siswa berjuang luar biasa untuk terus menghadirkan kegiatan belajar-mengajar," ujar Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah, Eko Hartono dalam sambutannya, seperti dilansir Kemlu, Selasa 16 Juni 2020.

Selain para wisudawan dan orangtua masing-masing, wisuda diikuti oleh Konjen Eko dan jajarannya, Plt. Kepala Sekolah Indonesia Makkah, Plh. Sekolah Indonesia Jeddah, Kepala Sekolah Indonesia Riyadh, Kepala Sekolah Indonesia Cairo dan Komite Sekolah Indonesia Makkah.

Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah Eko Hartono Foto kemluKonsul Jenderal Indonesia di Jeddah, Eko Hartono. (Foto: kemlu)
Para siswa Sekolah Indonesia Makkah saat wisuda online Foto kemluPara siswa Sekolah Indonesia Makkah saat wisuda online. (Foto: kemlu)

Tahun ini, 14 siswa telah lulus dari jenjang SMA, 6 orang diantaranya telah diterima di Universitas Islam Negeri Malang melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

KJRI Jeddah terus mengupayakan kemudahan akses bagi para lulusan peserta didik di sekolah-sekolah yang berada di wilayah kerja KJRI Jeddah. Salah satunya adalah penandatangan MoU kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi negeri di tanah air.

Sekolah Indonesia di Luar Negeri merupakan salah satu wadah yang penting bagi anak-anak WNI di luar negeri untuk mendapatkan akses pendidikan.

Perwakilan Indonesia akan senantiasa mendukung dan mendorong setiap Sekolah Indonesia di Luar Negeri untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya. Demikian seperti dilansir KJRI Jeddah.‚Äč

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

14 Aug 2020 11:03 WIB

Presiden Ajak Momentum Krisis untuk Kejar Ketertinggalan

Nasional

Presiden ajak bangsa membajak momentum krisis ini raih cita-cita.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...