Sandi Uno Bawa Infused Water Saat Debat, Apa Manfaatnya?

SapaDokter 18 March 2019 13:30 WIB

Debat calon wakil presiden (cawapres) antara Ma'ruf Amin dan Sandi Uno berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2018. Di luar topik debat, ada hal lain yang menarik, yaitu 'doping' khusus yang dibawa Sandi Uno.

‘Doping’ itu berupa air minum. Bukan air biasa, botol (tumbler) bening itu berisi air putih dengan potongan lemon yang sering disebut infused water.

Sandi tampak meminumnya seperempat botol sebelum bagiannya bicara. Saat break, ia kembali menenggak minuman itu.

Sejauh ini, Sandi memang selalu tampil menjaga kesehatannya. Selain rajin lari dan olah raga, ia juga menjaga pola makannya, Infused water diketahui mengandung vitamin C tinggi yang berasal dari lemon, juga menjadi antioksidan.

Infused water menjadi populer beberapa tahun belakangan karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lemon mengandung banyak vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, anti-penuaan, dan menurunkan berat badan. Tapi, banyak pula yang meragukan khasiatnya.

Meski demikian, infused water adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air putih adalah minuman terbaik, tapi banyak orang yang bosan dengan rasanya. Menambahkan irisan lemon atau buah-buahan lain akan menambah rasa air putih dan dapat membuat orang meminum lebih banyak.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, jus lemon mengandung sekitar 18,6 miligram vitamin C. Jumlah harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, vitamin ini juga baik untuk kesehatan kulit.

Menurut Sandi Uno, istrinya, Nur Asia, yang rajin menyiapkan infused water untuk bekalnya setiap hari. "Enggak ada alasan khusus tapi istri suka nyiapin dan sehari enam sampai delapan (botol). Jadi kalau ini isinya 600 mililiter jadi 3,6 sampe lima liter setiap hari," katanya. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.