Ketua KPU RI, Arief Budiman didampingi Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso saat mengunting pita bung tanda diresmikannya Rumah Pintar Pemilu di Jatim Park, Kota Batu, Jumat 24 Januari 2020. (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Sambut Pilkada, KPU RI Resmikan Rumah Pintar Pemilu di Kota Batu

Pilkada 24 January 2020 20:25 WIB

Menjelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) meresmikan Rumah Pintar Pemilu di Jatim Park 1, Kota Batu, Jawa Timur, pada Jumat 24 Januari 2020.

Peresmian Rumah Pintar Pemilu tersebut langsung dihadiri oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Ia berharap melalui Rumah Pintar Pemilu ini bisa menjadi sarana edukasi bagi wisatawan yang melancong ke Jatim Park.

"Melalui Rumah Pintar Pemilu ini harapannya sederhana yaitu masyarakat bisa mengetahui ada pemilu di Indonesia," tuturnya, selepas peresmian Rumah Pintar Pemilu.

Arief Budiman juga berharap melalui Rumah Pintar Pemilu tersebut kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu di Indonesia dapat tumbuh.

"Masyarakat harus peduli dengan Pemilu, jadi bukan hanya melihat, tapi peduli, kepedulian paling sederhana adalah menggunakan hak pilihnya. Lebih luas lagi mengedukasi masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Arief Budiman menambahkan sampai saat ini anggaran yang sudah dicairkan untuk penyelenggaraan Pemilu sebesar Rp444 miliar, dari total anggaran sebesar Rp9,9 triliun.

Sementara itu, Divisi Sumber Daya Manusia Peranan Masyarakay Sosialisasi dan Pendidikan KPU Kota Batu, Marlina mengatakan ada beberapa fitur yang ada di dalam Rumah Pintar Pemilu tersebut.

"Ruangan pertama yakni digunakan untuk ruang visualisasi yang berisikan 15 laptop touchscreen dan nantinya akan digunakan untuk mengisi kuesioner dan nantinya akan dinilai tingkat pemahaman masyarakat," jelasnya.

Sedangkan pada ruang kedua kata Marlina akan digunakan untuk ruang simulasi yang nantinya akan diisi dengan TPS kecil berdasarkan urutan seperti di TPS pada umumnya.

"Ruang terakhir akan kami isi dengan ruang diskusi dan edukasi. Disana akan diisi trainer evaluasi, buletin, buku, dan jurnal," ujarnya.

Rumah Pintar Pemilu di Jatim Park, Kota Batu sendiri merupakan Rumah Pintar Pemilu ketiga yang didirikan KPU RI.

"Rumah Pintar yang pertama itu di Kantor KPU RI, lalu kedua di Taman Pintar, Yogyakarta dan terakhir di Jatim Park, Kota Batu ini," tambahnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Mar 2020 15:36 WIB

Mulai 1 April AirAsia Indonesia Tidak Terbang

Nasional

Mulai 1 Paril AirAsia Indonesia tidak terbang karena situasi akibat COVID-9

28 Mar 2020 15:30 WIB

Pasien Covid-19 Kediri Meninggal, Sempat Bertugas di Sukolilo

Jawa Timur

Sebelum hasil tes keluar, pasien terlebih dahulu meninggal.

28 Mar 2020 15:15 WIB

Earth Hour: Aksi Satu Jam Matikan Lampu demi Selamatkan Dunia

Nasional

Earth Hour diperingati hari ini, Sabtu 28 Maret 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.