Ketua DMI Pusat, Muhammad Jusuf Kalla bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu 17 Juni 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Jusuf Kalla Usulkan Salat Jemaah Ganjil Genap

Nasional 17 June 2020 13:11 WIB

Dewan Masjid Indonesia (DMI) membuat gebrakan baru untuk menggelar ibadah salat Jumat di tengah masa pandemi New Normal ini, yakni dengan menggunakan skema salat ganjil genap berdasarkan dari nomor handphone. Ketua DMI Pusat, Muhammad Jusuf Kalla menyampaikan, upaya ini adalah untuk mengurangi penumpukan jamaah sehingga tidak terjadi penularan virus corona atau Covid-19.

“Kalau dulu jaga shaf dan rapatkan, sekarang terbalik jaga shaf dan longgarkan,” ungkap Jusuf Kalla ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu 17 Juni 2020.

Namun, kata dia, konsep ganjil genap ini masih terus dimatangkan karena berdasar penelitiannya ketika pemberlakuan salat Jumat pertama 12 Juni 2020 lalu, karena di dalam terbatas sehingga banyak orang yang justru salat di jalanan.

Hal itu  justru menjadi sangat rentan karena bisa saja di jalan tersebut ada orang yang mungkin memiliki gejala menyerupai Covid-19, kemudian ada bekas drop let yang bahaya ketika menempel pada sajadah yang digunakan oleh para jamaaah.

“Maka harus dilakukan dua shift dan telah disetujui majelis ulama boleh dua kali. Kita justru akan berdosa bisa tidak memberi kesempatan orang untuk salat Jumat,” kata mantan Wakil Presiden Republik Indonesia itu.

Tak hanya itu, Jusuf Kalla meminta para pengurus masjid dan jamaah juga harus tetap melaksanakan protokol kesehatan selama melakukan ibadah di masjid. Sehingga, diharapkan upaya  itu dapat memfasilitasi warga tetap beribadah dan juga berada dalam kondisi yang sehat.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

14 Aug 2020 11:03 WIB

Presiden Ajak Momentum Krisis untuk Kejar Ketertinggalan

Nasional

Presiden ajak bangsa membajak momentum krisis ini raih cita-cita.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...