Ronggolawe Club RX King Tuban, Menyalurkan Hobi Plus Bakti Sosial

08 Apr 2019 23:30 ngopiBEBAS

Menggeber motor, lalu beramai-ramai membelah jalan raya. Ini bukan kelompok Genk motor, tapi bagian dari rutinitas komunitas Ronggolawe Club'RX King (Rock) Kabupaten Tuban.

Tidak hanya sekedar memuaskan hobi touring, dan adventure, Rock juga banyak membawa misi sosial yang cukup dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sesuai dengan namanya komunitas ini adalah penyuka motor jenis RX King. Jenis kuda besi yang dianggap gesit, bandel, nyaman namun murah. Sejak terbentuk tanggal 2 Mei 2019 Rock yang bermarkas di Desa Jenu, Kecamatan Jenu telah beranggotakan 300 orang. Anggotanya dari berbagai kalangan dan status sosial.

"Anggota Rock disatukan oleh kesamaan cinta pada motor RX King. Melalui wadah ini selain menyalurkan hobi touring kami juga berkomitmen memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat luas," kata Ketua Komunitas Rock Yosef Suharto kepada ngopibareng.id, Senin 8 April 2019.

Aktifitas yang rutin dilakukan komunitas Rock yaitu menggelar pertemuan rutin setiap Minggu. Nah, saat berkumpul inilah digagas agenda apa saja yang akan dilakukan. Khususnya yang berkaitan dengan misi sosial dan kemanusiaan.

"Kegiatan yang dilakukan dari yang sederhana, kelas lokal hingga skala nasional. Yang pasti komunitas Rock selalu akan siap terjun dimana dibutuhkan," kata bapak dua anak ini.

Ketua Komunitas Rock Tuban Yosef
Ketua Komunitas Rock Tuban Yosef

Untuk kegiatan sederhana yang sering dilakukan diantaranya bersih-bersih pantai dan tanam pohon di wilayah pantai Tuban dan Lamongan. Memberikan sumbangan buku tulis pada siswa tidak mampu di lembaga pendidikan di Kabupaten Tuban dan Lamongan. Dananya sendiri berasal dari iuran anggota Rp 25 ribu perorang setiap bulannya.

Sedang untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan Komunitas Rock selalu terjun setiap kali terjadi bencana alam baik di wilayah Jawa Timur dan pulau lainnya. 

"Setiap ada bencana alam kami rutin menghimpun dana kemanusiaan dan langsung terjun kelokasi bencana," kata pria bertubuh jangkung ini.

Seperti saat terjadi bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Lombok tahun lalu, anggota Komunitas Rock langsung iuran dari dana pribadi. Mereka juga terjun mencari sumbangan ke jalan raya di kota Tuban.

"Hanya dalam waktu dua jam kami berhasil menghimpun dana Rp 17 juta, dari iuran anggota dan mencari sumbangan di jalan. Perwakilan kamil langsung  mengirimkannya kelokasi bencana," katanya lagi.

Tak hanya mengusung misi sosial Komunitas Rock juga aktif mengikuti berbagai kegiatan nasional seperti touring diberbagai kota Jawa Timur,Fun Race dan Jambore Nasional. Bahkan beberapa kali Rock Tuban ini menyabet juara berskala nasional dalam ajang Fun Race.Diantaranya menjadi juara ll Fun Race di Jogyakarta tahun 2017 lalu.

Rock menggalang sumbangan untuk bencana palu dan lombok
Rock menggalang sumbangan untuk bencana palu dan lombok.

"Dalam even fun race dan jambore nasional menjadi momentum untuk ketemu darat dengan sesama anggota Club' RX King se-Indonesia lainnya. Bisa saling berbagi cerita dan pengalaman untuk bisa ditularkan kepada anggota Rock Tuban,"  kata pria berusia 40 tahun ini.

Demi menjaga soliditas dan martabat komunitas, Rock yang memiliki motto Rock Semangat, Rock Solid dan bermartabat ini sangat selektif dalam penerimaan anggota baru.

"Rock menerapkan syarat yang ketat dalam penerimaan anggota baru, ads tim khusus yang menyeleksi," kata Yosep. 

Diantara syaratnya yaitu berusia lebih dari 17 tahun, memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat kendaraan lengkap dan tidak mengkonsumsi narkoba dan miras.

Dalam berkendara Rock juga menerapkan safety ready seperti memakai helm berstandar SNI, memakai pelindung lutut, berjaket khusus dan bersepatu saat berkendara. "Tentunya juga harus selalu taat dan mematuhi aturan lalu lintas," ujarnya lagi.

Komunitas Rock juga juga sudah mengantongi surat notaris dan terdaftar menjadi bagian dari Yamaha RX King Indonesia (YRKI) dengan nomer 188.

Dari 300 orang anggota Komunitas Rock terdapat empat orang perempuan. Anggota paling tua berusia 70 tahun bernama Bambang.

Salah satu anggota Rock, Anang mengaku, mendapat banyak manfaat dengan bergabung dalam wadah tersebut. "Selain bisa menyalurkan hobi naik motor dengan terarah, di Rock saya punya banyak teman dari berbagai kalangan dan nasional," ujarnya bangga. (tok)

Reporter/Penulis : Totok Martono
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini