Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)ng.id)

Pernah Interaksi dengan Positif Corona, Risma Lakukan Pemeriksaan

Surabaya 07 April 2020 19:05 WIB

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dikabarkan menjalani pemeriksaan swab virus corona atau Covid-19. Hal tersebut dilakukan Risma karena menghadiri sejumlah acara pada pertengahan Maret lalu. Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser, membenarkan hal tersebut.

Fikser menceritakan kronologinya. Kata dia, bermula saat Risma menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Bidang Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda, Peter Potman di Ruang Kerja Walikota, Balai Kota Surabaya. Pertemuan itu dilaksanakan pada Kamis, 12 Maret 2020 lalu.

Tak hanya itu, tiga hari setelahnya, Risma kemudian mengahadiri acara IdeaCloud yang digelar pada Minggu 15 Maret 2020 lalu. Dari acara itu, di kemudian hari diketahui salah satu pematerinya ternyata dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Informasi itu baru diketahui pada 23 Maret lalu.

"Memang Bu Risma hadir di acara itu. Tanggal 15 Maret, beliau hadir itulah acara terakhir dari seluruh rangkaian acara yang beliau ikuti. Setelah itu tutup (agenda)," ucap Fikser.

Fikser mengatakan, bahwa Risma sebenarnya sempat ingin membatalkan kehadirannya di acara tersebut, tapi lantaran ingin menghargai undangan panitia, walikota perempuan pertama di Surabaya itu akhirnya tetap datang.

"Saat itu baru mulai ramai Covid-19 di Jakarta. Bu Risma sebenarnya sudah tak mau datang, tapi karena yang undang anak Surabaya, Ibu ingin tetap ingin menghadiri acara untuk terakhir kalinya," kata Fikser. 

Tak berselang lama, kata Fikser, walau tak mengalami gejala apapun, Risma kemudian berinisiatif melakukan pemeriksaan dan melakukan tes swab ke rumah sakit. Pemeriksaan tes corona ini sebenarnya bukan karena salah satu pemateri yang positif corona tadi. Tapi  karena khawatir usai bertemu dengan tamu luar negeri. 

"Malah yang dipikir setelah ketemu Wakil Menteri Belanda itu. Setelah Pak Menhub positif, ternyata ada fotonya Wakil Menteri Belanda juga ada dalam pertemuan itu. Di situlah Ibu langsung periksa. Jadi bukan karena salah satu pemateri yang positif itu," jelasnya.

Hasil pemeriksaan, menyatakan Risma negatif virus corona. Kondisi Risma juga dalam keadaan yang sehat. Politisi PDIP tersebut juga tetap beraktivitas seperti biasa. Risma juga terus memantau perkembangan Covid-19 di Surabaya. Dia juga aktif melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah.

"Sehat alhamdulillah, beliau masih terus melakukan aktivitas memantau penyemprotan disinfektan yang dilakukan mobil PMK. Beliau masih kontrol dapur umum. Hanya, beliau batasi dalam protokol kesehatan," tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 23:45 WIB

Vinales Lepas dari Kutukan Pole Position

MotoGP

Vinales meraih pole position dan finis pertama.

20 Sep 2020 23:30 WIB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri dan Anaknya Negatif

Nasional

Hasil tes swab Bupati Aceh Barat positif Covid-19.

20 Sep 2020 23:15 WIB

Aubameyang Pemain Bergaji Termahal di Liga Inggris

Liga Inggris

Gaji Aubameyang termahal dibanding pemain di Liga Inggris lainnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...