Rekor Ansu Fati dan Debut Lionel Messi

18 Sep 2019 07:09 Liga Champions

Ansu Fati memecahkan rekor saat menjalani debutnya di Liga Champions kala Barcelona melawat ke markas Borussia Dortmund. Pemain jebolan La Masia ini turun sebagai starter di laga perdana Grup G Liga Champions 2019-2020 kontra Borussia Dortmund, Rabu 18 September 2019 di Ovidiu Hotegan, di usia 16 tahun dan 351 hari. Ia menggeser rekor mantan seniornya di Barcelona, Bojan Krkic.

Saat itu, Bojan memperkuat Barcelona melawan Lyon pada 2007 di usia 17 tahun dan 22 hari. Namun ia masih kalah dari Celestine Babayaro yang memegang pemain termuda di Liga Champions, setelah bermain untuk Anderlecht pada usia 16 tahun, dua bulan dan 25 hari.

Sayangnya, Ansu Fati gagal memecahkan rekor pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions milik Peter Ofori-Quaye (Ajax FC) pada 1997-1998 pada usia 17 tahun dan 195 hari ketika melawan Olympiacos. Hingga kini, rekor pemain Ghana ini belum terpecahkan.  

Namun, Ansu Fati masih memiliki kesempatan di pertandingan berikutnya saat Barcelona menjamu Slavia Praha. Saat itu, pemain kelahiran Guinea-Bissau itu berusia 17 tahun 8 hari. Andai Ansu Fati mencetak gol di pertandingan tersebut, ia akan menjadi pemain termuda yang mencetak gol di ajang ini.

Di sisi lain, Lionel Messi menjalani debutnya setelah absen sebulan lebih menyusul cedera betis yang ia alami sejak pramusim lalu ketika Barcelona. Messi masuk ke lapangan menggantikan Ansu Fati di menit ke-59.  

Pemain asal Argentina itu memulai pertandingan dari bangku cadangan. Ia diturunkan setelah melakukan pemanasan di awal babak pertama. Kehadiran pemain Argentina ini sekaligus menandai adanya trisula baru Barcelona dengan Luis Suarez di tengah dan Antoine Griezmann di sisi kiri.

 

Sayang, trisula baru Barca ini gagal membawa Barcelona memenangkan pertandingan. Suarez, Griezmann dan Messi hanya mampu memberi ancaman bagi gawang Dortmund, tidak lebih. Namun trisula ini dipercaya akan terus mengalami kemajuan ketika mereka lebih padu. Barcelona pun bakal lebih menakutkan bila Messi sudah pulih sepenuhnya.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini