Kevin de Bruyne menjadi bintang lapangan di laga ini. (Foto: Capture Twitter/@ManCity)
Liga Champions 2019-2020

Real Madrid Terkapar di Kandang Sendiri

Liga Champions 27 February 2020 05:31 WIB

Tim raksasa Spanyol Real Madrid harus terkapar di kandang sendiri. Menjamu Manchester City di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020, Kamis 28 Februari 2020 harus mengakui keunggulan sang tamu, 1-2.

Gol kemenangan Manchester City di pertandingan ini dicetak oleh Gabriel Jesus dan penalti Kevin de Bruyne. Sementara satu-satunya gol Madrid disumbangkan oleh Isco.

Kekalahan ini membuat peluang Madrid melaju ke babak 8 besar menipis, karena pada leg kedua, 17 Maret 2020 mendatang, giliran Madrid bertandang ke markas Manchester City. Sebaliknya, dengan hasil ini tugas para pemain City lebih ringan.

Babak I

Real Madrid mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Mengandalkan trisulanya, Vinicius Junior di kiri, Karim Benzema di tengah, dan Isco di kanan, Madrid mencoba melancarkan serangan ke pertahanan City.

Namun tim besutan Josep Guardiola tak membiarkan para pemain Los Blancos leluasa menyerang. Pressing ketat yang diperagakan para pemain The Citizens membuat upaya Madrid kerap terputus.

Pada menit ke-21, City hampir saja membuka skor. Diawali aksi Gabriel Jesus mengelabui Raphael Varane di dalam kotak penalti, striker Brasil itu melepaskan tembakan keras dari jarak dekat. Beruntung Thibaut Courtois berada dalam posisi yang tepat untuk memblok bola.

Di saat Madrid terus menemui kesulitan menembus pertahanan City, di pengujung laga babak pertama City justru kembali mendapatkan kesempatan untuk membobol gawang Madrid. Namun lagi-lagi Courtois tampil gemilang. Tembakan De Bruyne di tiang dekat sisi kiri berhasil ditepisnya.

Tak lama setelah dua peluang City gagal bersarang, wasit Daniele Orsato meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. Skor masih 0-0.

Babak II

Di babak kedua, pertandingan berjalan lebih sengit menyusul permainan lebih terbuka yang diterapkan kedua tim. Saling serang terjadi di awal 45 menit kedua.

Memasuki menit ke-60, Madrid akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Bermula dari kesalahan Ilkai Gundogan, bola mampu dicuri oleh Vinicius Junior. Ia berlari kencang memasuki kotak penalti dan mengirim umpan silang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Isco. Skor 1-0 untuk Madrid.

Dalam kondisi tertinggal, City tak panik. Mereka tetap bermain sabar menunggu momen tepat untuk melancarkan serangan. Kesabaran pemain City terbayar lunas di menit ke-78 ketika Jesus berhasil menjaringkan bola lewat tandukannya setelah mendapatkan umpan terukur dari De Bruyne.

De Bruyne menjadi bintang lapangan di laga ini. Karena lima menit kemudian, pemain Belgia ini berhasil membuat jala Courtois kembali bergetar.

Gol kedua City lahir dari titik putih akibat pelanggaran yang dilakukan Dani Carvajal terhadap Raheem Sterling di dalam kotak penalti sendiri. De Bruyne yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. City membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Madrid semakin menderita. Tiga menit setelah gol kedua City, sang kapten Sergio Ramos harus diusir keluar lapangan usai mengaitkan kakinya pada Jesus yang berpeluang mencetak gol ketiga bagi City. Akibatnya, hingga paro kedua laga ini usai, Madrid harus menyerah 1-2 di tangan City.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 23:04 WIB

Rossi Resmi Pindah ke Tim Satelit Petronas Yamaha

MotoGP

Rossi bertukar dengan pembalap Fabio Quartararo.

26 Sep 2020 22:51 WIB

Wapres Harap Lulusan STIF Syentra Jadi Cendekiawan Muslim Moderat

Pendidikan

Wapres minta lulusan STIF Syentra jadi cendekiawan muslim yang moderat.

26 Sep 2020 22:30 WIB

Mahasiswa UB Manfaatkan Daun Kersen Untuk Obati Sariawan

Pojok Unibraw

Daun kersen saat ini kurang termanfaatkan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...