Raja Jamu dan Kosmetik Indonesia Tutup Usia

30 Oct 2019 16:18 Tokoh

Raja jamu dan kosmetika Indonesia, Profesor Henry Alexis Rudolf atau HAR Tilaar, meninggal dunia Rabu 30 Oktober 2019 pukul 10.48 WIB.

Mendiang suami pengusaha kosmetik Martha Tilaar ini meninggal di usia 87 tahun. Jenazah telah disemayamkan di Rumah Duka Sentosa Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto di Ruang VVIP G.

Kepergian HAR Tilaar telah dikonfirmasikan melalui laman Instagram resmi Marta Tilaar Group @martha_tilaar.

Sosok HAR Tilaar dikenal sebagai pengusaha gigih dan dihormati di dunia pendidikan nasional di Indonesia. HAR Tilaar lahir pada 16 Juni 1932 di Desa Tepi Danau Tondano, Sulawesi Utara.

Selain meninggalkan sang istri, HAR Tilaar meninggalkan empat orang anak yakni Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, dan Kilala Tilaar.

Semasa hidupnya, HAR Tilaar dikenal bergelut dalam dunia pendidikan. Ia berkarier di dunia pendidikan sejak 1952, tepatnya saat masih duduk di Sekolah Rakyat.

HAR Tilaar mengabdikan diri sebagai pendidik selama 45 tahun yakni hingga 1997. Dia pernah menjadi guru besar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selain itu, HAR Tilaar juga pernah menjadi Dekan Fakultas Pasca-Sarjana IKIP (sekarang Universitas Negeri Jakarta) pada 1976-1980.

Kemudian, HAR Tilaar juga pernah menjadi guru besar di Universitas Indonesia dan Universitas Kristen Indonesia Jakarta.