Salah satu rumah yang roboh diterjang angin puting beliung. (Foto: Ant)

Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah di Ngawi

Jawa Timur 12 November 2019 23:02 WIB

Puluhan rumah warga di Desa Gunungsari, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Selasa, 12 November 2019.

Kepala Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Minto, mengatakan angin kencang menerjang rumah warga yang berada di tujuh dusun desa setempat. Kerusakan mayoritas terjadi di bagian atap rumah.

"Tingkat kerusakan terparah terjadi di Dusun Geneng dan Genengsari. Di Dusun Geneng, enam bangunan rumah warga semi permanen roboh hingga rata dengan tanah," ujar Minto dikutip Antara

Pascakejadian hingga Selasa siang, warga dibantu oleh petugas BPBD, sejumlah relawan dan anggota TNI/Polri setempat bekerja sama membersihkan material bangunan yang terdampak angin kencang.

"Angin kencang yang terjadi kali ini cukup parah. Sebelumnya juga sempat terjadi angin kencang, namun tidak menimbulkan kerusakan sebanyak dan seluas ini," kata dia.

Warga yang kehilangan tempat tinggal, terpaksa mengungsi ke rumah kerabat ataupun tetangga yang lebih aman. Sebagian warga setempat mengaku masih takut dengan angin kencang susulan yang berpotensi terjadi.

Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi Alfian Wihaji Yudono mengatakan sesuai pemetaan wilayah Kabupaten Ngawi sangat berpotensi terjadi angin kencang atau puting beliung.

"Hampir semua wilayah Ngawi rawan angin kencang, karena secara geografis terletak di antara Gunung Wilis dan Lawu," kata Yoyok, sapaan akrab Alfian Wihaji Yudono.

Ia menambahkan, angin kencang paling sering terjadi pada awal musim penghujan. Yoyok mengimbau warga memangkas dahan dan ranting pohon yang rawan tumbang, terutama di dekat permukiman. (wit/ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jul 2020 22:25 WIB

Bahaya! Jalan Menuju Gunung Ijen Longsor

Nasional

Hati-hati, ada longsor di jalan menuju Gunung Ijen

05 Jul 2020 13:25 WIB

UTBK, BPBD Bagikan Ribuan Rapid Test di Tiga Kampus di Surabaya

Pendidikan

Unair kebagian 2.000 Rapid Test, selain itu UPN dan ITS juga menerima.

24 Jun 2020 22:38 WIB

Ajudan Kalaksa BPBD Jatim Dikabarkan Positif Covid-19

Jawa Timur

Salah satu ASN yang diduga positif berinisial DN.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...