Ilustrasi paranoid terhadap Covid-19. (Ilustrasi: bumisultra.com)
Ilustrasi paranoid terhadap Covid-19. (Ilustrasi: bumisultra.com)

Protokol 3M Kendor, Orang Harus Punya Paranoid Terhadap Covid-19

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 24 November 2020 14:16 WIB

Salah satu pemicu kenaikan angka kasus Covid-19 di sejumlah daerah, termasuk Jawa Timur ialah masyarakat yang mulai longgar penerapkan 3M. Gerakan 3M antara lain, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

Melihat hal tersebut, Dr Christrijogo Sumartono W, dr SpAn KAR, KIC mengingatkan, bagi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M dimanapun berada.

"Virus Covid-19 masih ada dan siapa saja bisa terkena. Untuk 3M tidak boleh ditinggalka, cuci tangan dan mandi sesering mungkin setelah berpergian," ujar dokter yang bertugas RS Lapangan Indrapura Surabaya.

Menurut Dr. Chirs, mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer akan membunuh kuman yang menempel di tangan. Sebab, kuman atau virus akan mati bila terkena sabun dan alkohol.

Dr.Chirs menjelaskan, memakai masker masih sangat efektif mencegah penyebaran virus Covid-19 hingga 25 persen. Sedangkan, menjaga jarak atau physical distancing 90 persen dapat mencegah penyebaran virus.

"Terus kalau ada orang yang batuk dam pilek tidak usah dekat-dekat. Kalau ada kerumunan yang mending menghindar dulu," tandasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan, agar setiap orang memiliki ketakutan pada orang lain bahwa mereka juga bisa menjadi OTG atau pembawa virus.

"Bila masyarakat punya paranoid maka mereka akan lebih menjaga dirinya, seperti tidak langsung memegang saat ketemu dan selalu mencuci tangan setelah beraktivitas," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 12:44 WIB

Gadaikan Mobil Sewaan Pasutri Diciduk Polisi

Kriminalitas

Pasutri nekat gadaikan mobil sewaan.

28 Feb 2021 12:15 WIB

5 Fakta Kasus Dugaan Korupsi Proyek Wisata Jerat Nurdin Abdullah

Nasional

Gubernur Nurdin Abdullah terjerat OTT KPK.

28 Feb 2021 11:54 WIB

SK BPH Migas Membuat Pelayaran Rakyat Makin Terpuruk

Ekonomi dan Bisnis

BPH Migas No 59/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 membuat usaha kapal rakyat makin terpuruk

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...