Pengendara melintas di jalan tol ruas Kertosono-Ngawi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (26/3). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Kertosono-Ngawi sepanjang 52 kilometer tersebut, Kamis, 29 Maret 2018. ( Foto: Antara)
Pengendara melintas di jalan tol ruas Kertosono-Ngawi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (26/3). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Kertosono-Ngawi sepanjang 52 kilometer tersebut, Kamis, 29 Maret 2018. ( Foto: Antara)

Presiden Jokowi Hari Ini Resmikan Tol Ngawi-Kertosono

Ngopibareng.id Nasional 29 March 2018 17:47 WIB

Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono (Klitik-Wilangan). Tol yang diresmikan oleh Jokowi ini sepanjang 52 kilometer yang melintasi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Ngawi, Madiun, dan Nganjuk.

Sementara itu, tol yang baru diresmikan Jokowi pada Kamis 29 Maret 2018 ini akan siap dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan transportasi masyarakat.

"Target saya, akhir 2018 dari Merak sampai Pasuruan sudah tersambung. Dan akhir 2019 dari Merak sampai Banyuwangi sudah tersambung," ujar Presiden Jokowi saat peresmian Tol Ngawi-Kertosono di Gerbang Tol Madiun Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun.

Adapun, ruas tol Ngawi-Kertosono yang diresmikan Jokowi merupakan bagian dari ruas Tol Solo-Ngawi-Kertosono yang dibangun oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (PT NKJ).

Peresmian ruas Ngawi-Wilangan ini mendahului dua ruas lainnya karena infrastruktur dinilai lebih siap. Sementara ruas tol Solo-Ngawi oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) dan Wilangan-Kertosono oleh pemerintah belum selesai pembangunannya.

Total panjang jalan Tol Ngawi-Kertosono mencapai 87,5 km dan dari ruas ini sepanjang 52 km dikerjakan oleh PT NKJ dengan nilai investasi Rp3,83 triliun untuk ruas Klitik, Ngawi-Wilangan, Nganjuk. Sisanya yakni ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 37 kilometer dikerjakan pemerintah.

Tol Ngawi-Kertosono memiliki empat gerbang tol (GT) yang juga telah diuji kelayakannya. Yakni Gerbang Tol (GT) Ngawi (dioperasikan oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban, dan GT Wilangan di perbatasan Kabupaten Madiun-Nganjuk di Desa Pajaran Kecamatan Saradan. Tiga GT terakhir dikelola oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ).

Setelah meresmikan tol, Presiden Jokowi melakukan penempelan transaksi elektronik atau e-tol yang juga sebagai simbol Tol Ngawi-Kertosono sudah dapat dioperasikan. (hrs/ant)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 12:30 WIB

ITS Kembangkan Pendeteksi Genangan di Runway Bandara

Teknologi dan Inovasi

Bekerjasama dengan Puslitbang TU Kemenhub.

27 Nov 2020 12:20 WIB

Foto dengan Jenazah Maradona, Pria Ini Dipecat dari Pekerjaannya

Dunia

Dia dianggap tidak memiliki rasa hormat.

27 Nov 2020 12:15 WIB

Banser Ingatkan Jaga Persatuan Lewat Apel Virtual

Nasional

Apel Banser Se Jawa berlangsung pada Minggu, 29 November 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...