RS Ummi Bogor oleh Kapolda dianggap melakukan tindakan pidana murni. (Foto:Istimewa)
RS Ummi Bogor oleh Kapolda dianggap melakukan tindakan pidana murni. (Foto:Istimewa)

Polda Jabar Anggap RS Ummi Bogor Lakukan Tindak Pidana Murni

Ngopibareng.id Hukum 30 November 2020 17:08 WIB
Rumah Sakit Ummi Bogor dianggap melakukan tindakan murni. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri menyebut RS Ummi yang menghalang-halangi Satgas Penangan COVID-19 Kota Bogor dalam melakukan pelacakan itu termasuk pidana murni.
 
Meski awalnya kasus itu berasal dari adanya laporan Satgas Penangan COVID-19 Kota Bogor, menurutnya pihak kepolisian memang wajib untuk mengusut kasus tersebut.

"Perkara ini bukan delik aduan tapi pidana murni. Kalau pidana murni, kewajiban negara melalui aparatnya yakni kepolisian untuk menghandle langsung dan mengusut perkara ini," kata Ahmad Dofiri di Bandung, Senin.
 
Kapolda meragukan pernyataan Wali Kota Bogor Bima Arya yang bakal mencabut laporan kasus RS Ummi tersebut. Kalaupun wali kota akan mencabut laporannya, polisi bakal tetap meneruskan perkaranya sebagai tindak pidana murni.
 
"COVID-19 adalah penyakit yang membahayakan dan penularannya sangat cepat dan meluas, oleh karena itu perlu upaya kita bersama dan dalam hal ini pihak kepolisian akan bersungguh melakukan tindakan yang lebih tegas dan terukur," kata Dofiri.
Soal Habib Shihab yang pulang secara diam-diam dari RS Ummi, menurutnya tindakan tersebut ada konsekuensi hukumnya baik terhadap pihak RS Ummi maupun Rizieq Shihab.
 
Mulai hari ini  pihak kepolisian juga sudah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah pihak terkait RS Ummi yang diduga menghalang-halangi upaya penanganan COVID-19.
 
"Sudah dilakukan pemanggilan pada beberapa pihak. Kita lihat yang Polresta Bogor telah melayangkan surat pemanggilan itu," katanya. (ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 15:45 WIB

Hadapi Gugatan Pilwali di MK, Er-Ji Siapkan Tim Advokasi

Pilkada

Bahkan mereka sudah mendaftarakan diri di MK sebagai pihak terkait

21 Jan 2021 15:44 WIB

Prediksi Liverpool vs Burnley: Menang Harga Mati!

Liga Inggris

Liverpool wajib menang jika tak ingin semakin tertinggal.

21 Jan 2021 15:21 WIB

Akibat Pemkot Tak Tegas, Antrean Rusun Kian Panjang

Surabaya

Banyak penghuni rusun lama yang sudah bukan MBR tak keluar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...