Pilkades serentak Polres Kediri Kota Siapkan 500 Personel Amankan Pilkades Serentak

29 Aug 2019 18:20 Jawa Timur

Sekitar 500 personel Polres Kediri Kota dikerahkan untuk menjaga pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada Oktober 2019 mendatang.

Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi mengatakan data yang diterima menyebutkan ada sekitar 51 desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa.

"Kita buat rencana pengamanan, kita sudah ada data dan pak Kabagops sudah mempersiapkan jumlah personel yang nantinya akan dilibatkan untuk pengamanan Pilkades," katanya.

Kata Anthon, untuk pengamanan pilkades setiap desa akan ditempatkan sekitar 10 personel dari kepolisian. Dan pengamanan juga dibantu pihak TNI. "Jumlah Personel 51 X 10 anggota, dua pertiga kekuatan yang kita libatkan," katanya.

Menurut Anthon, jumlah personel yang ada saat ini mencukupi untuk mengamankan pemilihan kepala desa. "Kita tidak mendatangkan personel dari luar, karena personel kita mencukupi. Kita ada kekuatan On Call untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," katanya.

Kekuatan on Call yang dimaksud adalah personel Brimob, Sabara dan Dalmas. Sementara untuk teknis pengamanan di lapangan, polisi akan dibantu TNI dan Satpol PP.

Anthon menilai, semua lokasi tempat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa berpotensi terjadinya kerawanan ganguan Kamtibmas. Terutama untuk desa yang jumlah pemilih paling banyak, akan mendapatkan perhatian khusus.

"Semua ada kerawanannya, tentu untuk desa dengan jumlah pemilih lebih banyak akan mendapat perhatian khusus. Kita beri prioritas lebih karena jumlah pemilihnya lebih banyak," katanya.

Lanjut Anthon, selain menjaga gangguan kamtibmas selama pilkade, pihaknya juga akan menindak praktek-praktek perjudian. "Kita akan antisipasi, tentunya ada tim non uniform yang memantau itu," katanya. (fen)

Penulis : Fendhy Plesmana
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini