Tersisa beberapa pengungsi di Posko Balai Desa Punten yang sedang menunggu jemputan untuk dipulangkan ke rumahnya masing-masing di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu (Theo/ngopibareng.id)

Petang Tadi, Para Pengungsi Angin Kencang di Batu Dipulangkan

Bencana 22 October 2019 20:48 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, akhirnya memulangkan ribuan pengungsi sekitar pukul, 17.30 WIB, ke Desa Sumberbrantas, Kota Batu. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Abdur Khairur Rochim mengatakan setelah dilakukan analisa cuaca dari pagi sampai sore tadi, situasi dinyatakan kondusif sehingga dilakukan pemulangan.

"Karena angin kencang dan debu sudah tidak ada lagi. Kami rasa masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa, maka kami pulangkan," ungkapnya pada Selasa 22 Oktober 2019 di Posko BPBD Kota Batu.

Adapun mobilisasi pemulangan ribuan pengungsi tersebut, Rochim mengatakan, mendapatkan bantuan kendaraan dari mobil dinas SKPD di Kota Batu, TNI-Polri, dan mobil dari para relawan serta tempat-tempat wisata.

"Untuk perbaikan rumah kami lakukan mulai besok pagi. Kami melihat juga kondisi cuaca tidak hujan, yang penting atapnya tidak roboh dan masih memungkinkan untuk dihuni," ujarnya.

Namun untuk mengantisipasi, apabila nanti ada rumah yang, masih tidak layak huni, Rochim menjelaskan pihaknya telah menyiapkan posko pengungsian di Desa Sumberbrantas, Kota Batu.

"Untuk listrik dan air, sejak kemarin PLN dan PDAM melakukan perbaikan. Sehingga sore tadi air dan listrik sudah kembali normal," terangnya.

Untuk suplai makanan sendiri, Rochim menjelaskan, BPBD Kota Batu sudah menyuplai 400 ribu makanan sampai dengan besok pagi.

"Ini dilakukan karena masyarakat, masih belum bisa secara normal untuk memasak. Karena lebih fokus membersihkan rumahnya. Akan kami suplai sampai keadaan kembali normal," tutupnya.

Seperti diberitakan oleh ngopibareng.id sebelumnya, bencana angin kencang yang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada sejak Sabtu 19 Oktober 2019, lalu, menyebabkan ribuan orang mengungsi.

Tercatat dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu sebanyak 1.270 orang pengungsi sudah dievakuasi yang tersebar di tujuh posko.

Ketujuh posko itu yakni Rumah Dinas Wali Kota Batu, Balai Desa Punten, Posko BPBD Kota Batu, Balai Desa Tulungrejo, SDN Punten 1 Kota Batu dan Balai Desa Sidomulyo dan Kantor Lurah Songgokerto, Kota Batu.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 10:55 WIB

Desa Mojorejo Kota Batu Jadi Klaster Penyebaran Covid-19 Baru

Jawa Timur

Ada 12 pasien terkonfirmasi positif di Desa Mojorejo, Kota Batu.

24 Jun 2020 10:15 WIB

Kecuali Ibunya, Empat Anggota Keluarga di Batu Sembuh dari Covid

Jawa Timur

Hanya ibu dari keluarga tersebut yang belum sembuh dari Covid-19.

22 Jun 2020 17:30 WIB

Wisata di Kota Batu Harus Lolos Verifikasi Pemkot Jika Ingin Buka

Jawa Timur

Tapi masih harus melalui verifikasi terlebih dahulu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...