Pesawat Air India Express menabrak lembah di Calicut, India. (Foto: ANI)

Pesawat Air India Express Terbelah Dua, 16 Orang Tewas

Internasional 08 August 2020 06:42 WIB

Di tengah pandemi corona atau Covid-19, India harus menanggung duka akibat tragedi kecelakaan pesawat terbang, Jumat 7 Agustus 2020 malam. Insiden terjadi pada pukul 19.00 WIB setempat di tengah hujan deras.

Sebuah pesawat Air India Express jatuh menabrak lembah setelah melampaui landasan pacu di bandara Karipur, Calicut, negara bagian Kerala, India, yang juga dikenal dengan sebutan Kozhikode.

Pesawat naas ini terbang dari Dubai ke Calicut dengan 184 penumpang, termasuk 10 anak-anak di dalamnya. Pesawat dari Dubai bernomor penerbangan IX-1344 itu diawaki tujuh orang, termasuk dua pilot.

Dari media sosial terlihat gambar badan pesawat pecah menjadi dua bagian. Dilansir oleh Dailymail, seorang pilot dan satu orang lainnya tewas serta 35 orang terluka dalam kecelakaan pesawat tersebut.

"Pesawat dengan kode penerbangan Dubai-Kozhikode Air India (IX-1344) ini tergelincir saat mendarat di Bandara Karipur sekitar pukul 21.45 WIB (14.45 GMT) hari ini," kata seorang Polisi Kondotty kepada kantor berita ANI.

Menurut media setempat, 15 ambulans datang untuk mengangkut para korban ke rumah sakit terdekat. Penerbangan tersebut dioperasikan oleh pemerintah India untuk memulangkan warga mereka yang terjebak di luar negeri selama pandemi Covid-19.

"Prihatin yang mendalam ketika mengetahui kecelakaan tragis pesawat Air India Express di Kozhikode, Kerala. Telah menginstruksikan NDRF [Badan Penanggulangan Bencana Nasional India] untuk mencapai lokasi sesegera mungkin dan membantu operasi penyelamatan," tutur Menteri Dalam Negeri Amit Shah dalam cuitannya. Sang menteri sendiri dinyatakan positif Covid-19 dan tengah menjalani isolasi.

Menanggapi kecelakaan pesawat tersebut, KJ Alphons mantan Menteri Negara Pariwisata India mengatakan melalui akun twitternya, semua penumpang berhasil dievakuasi.

Kecelakaan pesawat saat musim hujan di India bukan pertama kali terjadi. Musim ini berlangsung mulai Juni hingga September dan sering menimbulkan gangguan di kawasan Asia Selatan. Pada 10 Mei, sebanyak 158 orang meninggal dunia ketika pesawat Air India Express melampaui landasan pacu di Bandara Mangalore dan jatuh.

"Tragedi kedua hari ini di Kerala: Air India Express tergelincir dari landasan pacu di Kozhikode, bagian depan terbelah, pilot meninggal dan banyak penumpang terluka,' tulis mantan Menteri Negara Pariwisata KJ Alphons.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

29 Sep 2020 10:54 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Penjelasannya

Nasional

Apakah pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11? 

29 Sep 2020 10:37 WIB

Mengenal Anosmia Gejala Baru Covid-19

Kesehatan

Anosmia gejala kehilangan indra penciuman bagi pasien Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...