Hagia Sophia bersiap menjelang diselenggarakannya salat Jumat berjamaah pertama, Jumat 24 Juli 2020, setelah gedung itu berubah fungsi menjadi masjid. (Foto: hurriyetdailynews.com)

Persiapan Peresmian Hagia Sophia dan Salat Jumat Pertama

Internasional 24 July 2020 11:11 WIB

Hagia Sophia di Istambul, Turki, dikembalikan fungsinya menjadi masjid. Setelah 86 tahun berfungsi sebagai museum. Pemerintah Turki menandai peresmian Hagia Sophia dengan mengundang sekitar 1.000 tamu dan umat Muslim di Turki dan seluruh dunia untuk merayakannya dan dilanjutkan dengan salat Jumat, pada hari ini, 24 Juli 2020.

Pemerintah kota Istanbul yang menjadi tuan rumah telah mempersiapkan peristiwa bersejarah kontroversial bagi Turki.

Otoritas keagamaan utama Turki telah menunjuk tiga imam dan lima muazin untuk Masjid Hagia Sophia. Dilansir dari laman Turkish Minute, Kepala Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet), Ali Erbas, mengatakan Mehmet Boynukalin, Ferruh Mustuer dan Bunyamin Topcuoglu ditunjuk sebagai imam masjid.

Sementara itu, Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya, dilansir dari Daily Sabah, lokasi dibuka bagi pengunjung pada pukul 10.00 pagi dan akan tetap terbuka sampai pagi berikutnya.

"Karena wabah, di dalam dan di sekitar masjid, lima tempat, dua di antaranya untuk wanita, telah ditentukan sebagai tempat salat," kata dia.

Yerlikaya menekankan bahwa ada cukup ruang bagi semua orang untuk salat tanpa melanggar aturan jarak sosial.

Menurut pernyataan dari gubernur, akan ada 11 pos pemeriksaan berbeda bagi pejabat keamanan. 

Yerlikaya mengingatkan bahwa suhu pengunjung juga akan diperiksa, dan diwajibkan penggunaan masker. Nantinya akan ada 17 tempat kesehatan, di mana 736 tenaga kesehatan akan secara aktif bekerja bersama dengan unit ambulans yang terdiri dari 101 kendaraan dan helikopter.

Di samping itu, beberapa jalan juga akan ditutup. Istanbul Metropoitan Municipality (IBB) juga telah mengambil tindakan pencegahan untuk hari besar itu.

Di antaranya dengan menyediakan 25 angkutan untuk angkutan umum ke masjid secara gratis, pemerintah kota juga membuat area parkir di wilayah ini gratis. Pemerintah kota juga berencana membagikan 25 ribu botol air, masker, desinfektan, dan sajadah.

Berikut persiapan pemerintah kota Istanbul untuk menyambut tamu yang ingin berkunjung dan melakukan salat Jumat di Hagia Sophia:

1. Pintu-pintu Hagia Sophia dibuka untuk pengunjung pada 24 Juli 2020 pukul 10.00 waktu setempat hingga keesokan pagi. Ini untuk memberikan cukup waktu bagi setiap pengunjung untuk berdoa.

2. Area salat disediakan di lima titik, dua di antaranya untuk perempuan dengan menjaga aturan jarak sosial (social distancing) dan physical distancing.

3. Akan diadakan 11 pos pemeriksaan untuk aparat keamanan melakukan pengawasan.

4. Pengunjung dilarang membawa tas ransel atau tas berukuran besar.

5. Petugas akan mengecek suhu tubuh setiap tamu. Setiap tamu wajib menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona.

6. Disediakan 17 titik kesehatan di mana sebanyak 736 petugas kesehatan akan secara aktif bekerja dengan menyediakan ambulans, 101 kendaraan dan satu helikopter.

7. Beberapa jalan raya di dekat Hagia Sophia akan ditutup.

8. Istanbul akan menyediakan 25 halte kendaraan umum ke masjid secara gratis begitu juga tempat parkir, bebas biaya.

9. Pemerintah kota Istanbul berencana menyediakan 25 ribu botol air minum, masker, disinfektan dan sajadah.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 21:30 WIB

Operasi Yustisi Jawa Timur, Satu Orang Dipenjara

Jawa Timur

19.385 masyarakat yang terjaring dalam operasi ini.

29 Sep 2020 21:15 WIB

Pemulihan Ekonomi 2021, Pemkot Malang Kaji Pembangunan LRT

Jawa Timur

Panjang trase capai 35 kilometer.

29 Sep 2020 21:05 WIB

Jemput Pasien Positif, Satgas Probolinggo Dihadang Ratusan Warga

Jawa Timur

Perempuan baru saja melahirkan positif Covid-19 hasil swab.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...