Tanaman eceng gondok di bawah Jembatan Nginden, Surabaya. Apakah ini bagian dari penghijaun kota? (Foto: m. anis)
Tanaman eceng gondok di bawah Jembatan Nginden, Surabaya. Apakah ini bagian dari penghijaun kota? (Foto: m. anis)

Penghijauan di Kali Surabaya juga Sukses

Ngopibareng.id Ngopi Foto 19 October 2020 11:09 WIB

Kali Surabaya, dari mulai Jembatan Nginden ke hilir arah timur, penuh dengan tanaman eceng gondok. Sungai yang lebarnya lebih dari 30 meter jadi tertutup warna hijau. Apakah ini bagian dari penghijauan yang gencar dilakukan Pemkot Surabaya?

Musim penghujan sudah di ambang pintu.  Meluasnya enceng gondok itu apa memang disengaja, agar nantinya bisa digelontor oleh air hujan, sehingga Pemkot Surabaya tidak perlu harus mengeluarkan anggaran untuk membersihkan enceng gondok yang menutup Kali Surabaya? Bisa saja.

Tanaman yang nama latinnya Eichhornia crassipes ini memang sifatnya mengapung. Jadi kalau digelontor banjir besar, hamparan hijau ini akan langsung bergeser ke arah muara. Dampaknya, Selat Madura akan  tercemar dan makin dangkal.

Atau, bisa juga,  karena hampir semua pejabat Pemkot sedang sibuk berpilkada-ria, sehingga tak ada yang memikirkan  untuk membersihkan Kali Surabaya dari gangguan eceng gondok ini.

Mana yang benar dari dua kemungkinan itu? Jawabnya tunggu setelah tanggal 9 Desember. Tapi yang jelas, kalau dilihat dari udara, Kota Surabaya memang nampak makin hijau.

Berikut beberapa foto yang diambil Minggu kemarin, dari lokasi di sekitar Jembatan Nginden. (nis)

Tanaman eceng gondok di sekitar Jembatan Nginden Surabaya Apakah ini bagian dari penghijaun kota Foto m anisTanaman eceng gondok di sekitar Jembatan Nginden, Surabaya. Apakah ini bagian dari penghijaun kota? (Foto: m. anis)
Bendera merah putih berkibar di sekitar hamparan tanaman eceng gondok di bawah Jembatan Nginden Surabaya Apakah ini bagian dari penghijaun kota Merdeka Foto m anisBendera merah putih berkibar di sekitar hamparan tanaman eceng gondok di bawah Jembatan Nginden, Surabaya. Apakah ini bagian dari penghijaun kota? Merdeka! (Foto: m. anis)
Karena  dipenuhi tanaman eceng gondok  aliran sungai jadi mengecil mirip selokan di Kali Surabaya ke arah muara Foto m anisKarena dipenuhi tanaman eceng gondok, aliran sungai jadi mengecil mirip selokan, di Kali Surabaya ke arah muara. (Foto: m. anis)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Nov 2020 12:41 WIB

Perkuat Sektor Ekonomi, Pemkot Surabaya Berdayakan UMKM

Surabaya

Seperti memenuhi beberapa hal yang diperlukan pelaku UMKM

25 Nov 2020 12:15 WIB

Ini Tips Agar Tidak Termakan Hoax Infodemik

Rek, Ojok Angel Tuturane

Ini yang harus diperhatikan agar mendapat informasi yang valid.

25 Nov 2020 11:50 WIB

Tips Pergi ke Dokter saat Pandemi Covid-19

Nasional

Ini tips bagi anda yang akan pergi ke layanan kesehatan atau dokter.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...