Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan membagikan bantuan pangan nontunai. (Foto: Dok Humas)
Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan membagikan bantuan pangan nontunai. (Foto: Dok Humas)

Pemkab Pasuruan Distribusikan 42 Ribu Bantuan Pangan Nontunai

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 11 May 2020 16:45 WIB

Pemkab Pasuruan melalui Dinas Sosial mulai membagikan Program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau program sembako dari Kementrian Sosial (Kemensos) kepada 42.667 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan, Suwito Adi mengatakan, 42.667 KPM itu merupakan tambahan baru penerima program sembako dari data awal penerima awal sebanyak 133 ribu KPM. Sehingga apabila ditotal menjadi 175.667 lebih KPM yang menerima bantuan Kemensos ini.

"Mulai hari ini kita bagikan kepada KPM secara bertahap," katanya.

Dijelaskan Suwito, pembagian paket sembako ini tak langsung diberikan dalam bentuk sembako. Melainkan dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berisikan uang saldo senilai Rp 200 ribu.

Uang tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong) binaan Dinsos serta e-warong yang menjalin kemitraan dengan BNI.

"Paket sembako ini berupa 15 kilogram beras dan 2 kilogram telur. Para KPM bisa menggesek KKS tersebut untuk nantinya diganti dengan 15 kg beras dan 2 kg telur. Alurnya gini, jadi sebelumnya BNI dapat transfer dari Kemensos, lalu transfer lagi ke nomor rekening KPM, lalu dibelanjakan," katanya.

Dengan tambahan penerima ini, diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat selama wabah Covid-19. Lantaran saat ini, program sembako juga sudah dinaikkan dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu per bulan.

Kata Suwito, besaran nominal paket sembako untuk 42.667 KPM direalisasikan 9 bulan terhitung sejak bulan April lalu hingga akhir tahun ini.

"Kalau yang 130 ribu KPM ya mulai Januari. Nah untuk yang 42.667 KPM ini mulai bulan april lalu sampai akhir tahun,"katanya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, pembagian KKS di beberapa titik berjalan dengan lancar. Seperti yang terlihat di Balai Desa Ngempit, Kecamatan Kraton, Senin 11 Mei 2020. Meskipun tak dihadiri oleh seluruh KPM, proses penyerahan KKS tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Kalau di Kraton ini sekitar ada 3.220 penerima manfaat di 8 titik distribusi. Dan untuk hari ini kita bagikan di dua kecamatan, yakni satunya lagi di Pohjentrek ada 942 penerima manfaat di 2 titik distribusi. Alhamdulillah lancar semuanya," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 23:31 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 M

Warta Bumi

Gunung Sinabung luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter.

25 Oct 2020 23:15 WIB

Jelang Risma Pensiun, Keluhan Warga di Reses Dewan Masih Sama

Surabaya

Mahfudz tepok jidat kinerja Risma tak berdampak

25 Oct 2020 23:02 WIB

Tim Cyber Media PDIP Lawan Hoax di Pilkada 2020, Ini Tugasnya

Pilkada

Tim ini dilatih untuk melawan kampanye hitam dengan kampanye positif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...